The Science of Meditation - Sosialisasi program

Senin, 6 Juli 2020 (17.00-18.05 WITA) - Google meet

"The Science of Meditation"

Topik yang diambil memiliki relevansi terhadap tujuan pelaksanaan progam Mindfulness meditation dan yoga ringan sebagai coping stress pada mahasiswa. Dimana stress yang berlebihan akibat kondisi studi yang berbeda ditengah pandemi COVID-19 ini akan memicu gangguan psikosomatik. Stres dan gangguan psikosomatik menyebabkan tubuh merespons perubahan keadaan psikologis, kecemasan, insomnia, emosional negatif, depresi, dan keluhan musculoskeletal adalah dampak yang dirasakan secara langsung. 

Meditasi menjadi sebuah solusi. Mindfulness adalah salah satu prinsip kerja meditasi, dimana hal tersebut berfungsi sebagai alat potensial untuk memberikan perubahan pada neuro-arsitektur, neurobiologis dan seluler yang terjadi di saat seseorang stres. Di bidang biologis, meditasi mengurangi aktivitas simpatis, mengurangi kadar hormon kortisol (hormon yang dikeluarkan tubuh saat seeorang stres), dan juga membawa perubahan spesifik pada electroencephalogram (EEG) yang berhubungan dengan relaksasi mental dan gelombang otak. 

Praktek yoga juga dapat menjadi solusi untuk membantu dalam mengurangi gangguan psikosomatik akibat fungsi somatopsikis yang terdistorsi dengan meminimalkan stres sehingga mengarahkan tubuh pada keseimbangan fisik, emosi dan mental. Latihan yoga secara teratur membantu dalam pengaturan kadar hormon endorphin dan serotonin yang membantu mengurangi stres dan memberikan relaksasi. 


Sthita.Yog - The anchor of joy

Setelah melakukan sosialisasi, di akhir sesi ada penjelasan terkait kalender kegiatan selama satu minggu kedepan. 
Hal ini mencakup :

  • Jadwal/waktu (yang disarankan) bagi masyarakat sasaran untuk melakukan Yoga dan meditasi mandiri secara kontinu di rumah masing-masing. 
  • Materi yang akan digunakan nantinya yaitu podcast yang disediakan untuk meditation guidance serta practice yoga for beginners melalui video yang akan di upload pada channel youtube
  • Kemudian pada hari minggu akan ada live practice melalui google meet. Dimana dalam kegiatan ini akan diawali dengan yoga, meditasi kemudian dilanjutkan dengan sharing session dan evaluasi terkait pelaksanaan serta kendala yang dialami masyarakat sasaran selama melakukan yoga dan meditasi mandiri
  • Kegiatan/materi minggu pertama yakni dasar yoga (Surya namaskara dan Hatha yoga) serta rileksasi progressive (meditasi pemindaian tubuh)

Berikut merupakan link materi yang dapat diakses oleh masyarakat sasaran :

Podcast : anchor.fm/sthitayog

Youtube : Sthita Prajna