BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE ICE BREAKER
- Oleh I Dewa Ayu Dwi Partyastini
- Sunday 18/07/2021
- Kelompok 104, Kelompok, Kelompok
Dalam pelaksanaan bimbingan belajar yang di peruntukan
kepada masyarakat sasaran desa Jehem dalam membantu memahami pembelajaran di
tengah pembelajaran online di tengah pandemi saat ini serta pelaksanaan
bimbingan belajar yang saya gunakan dalam mengimplementasikan bimbingan belajar
yang tidak mengakibatkan siswa cepat bosan, saya menggunakan metode ice breaker
sebagai game pemecah susasana kelas. Ice breaker sendiri tidak harus
diimplementasikan di tengah-tengah pembelajaran, naun ice breaker ini dapat di
implementasikan di awal maupun di tengah pembelajaran sebagai sarana penambah
semangat siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Pemberian metode ice breaker
ini di harapkan mampu memberi motifasi terutama kepada guru sebagai tenaga
pendidik agar dapat di implementasikan di dalam kelas saat melaksanakan
pembelajaran dan untuk meningkatkan suasana belajar yang penuh semangat. Sehingga
saya selaku mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKbD memberikan materi beserta
contoh implementasi metode ice breaker
ini dalam bimbingan belajar agar dapat di contoh oleh guru-guru yang ada di
Desa Jehem.
Ice breaker sendiri berasal dari bahasa inggris yang
artinya “memecah es”namun dalam bidang pendidikan atau di dalam pembelajaran ice
breaker merupakan game sebagai pemecah situasi kebekuan fikiran
atau fisik siswa. Ice breaker
juga
dimaksudkan untuk membangun suasana belajar yang dinamis, penuh semangat dan
antusiasme.
Adapun tujuan dari metode ice breaker dalam implementasinya saat
pelaksanaan belajar mengajar anatara lain:
1. Memusatkan
perhatian siswa kembali.
2. Memberikan
semangat baru pada saat siswa mencapai titik jenuh.
3. Mengalihkan
perhatian terhadap fokus materi pelajaran yang berbeda.
Namun dalam penggunaan metode ice breaker sendiri memiliki kelebihan serta
kekurangan di dalamnya yang harus kita ketahui, seperti:
a. Kelebihan Ice
breaking
1)
Membuat waktu panjang terasa cepat.
2)
Membawa dampak menyenangkan dalam pembelajaran.
3)
Dapat digunakan secara spontan atau terkonsep.
4)
Membuat suasana kompak dan menyatu.
b. Kelemahan Ice
breaking
1)
Penerapan disesuaikan dengan kondisi ditempat masing-masing.
Metode ice breaker ini selain memiliki kelebihan dan kelemahan juga
memiliki manfaat bagi guru terutama untuk masyarakat sasaran di kalangan anak
sekolah dasar (SD), antara lain:
1.
Melatih berfikir secara kreatif dan luas
siswa.
2.
Mengembangkan dan mengoptimalkan otak dan
kreatifitas siswa.
3.
Melatih siswa berinteraksi dalam kelompok
dan bekerja
sama dalam satu tim.
4.
Melatih berfikir sistematis dan kreatif
untuk memecahkan masalah.
5.
Meningkatkan rasa percaya diri.
6.
Melatih menentukan strategi secara
matang.
7.
Melatih kreatifitas dengan bahan yang
terbatas.
8.
Melatih konsentrasi, berani bertindak dan
tidak takut salah.
9.
Merekatkan hubungan internasional yang
renggang.
10. Melatih
untuk menghargai orang lain.
11. Memantapkan
konsep diri.
12. Melatih
jiwa kepemimpinan.
13. Melatih
bersikap ilmiah.
Macam-macam dari ice breaker ini sangat beragam, seperti:
1.
Memberi Salam
2.
Perkenalan
3.
Uji Kesigapan dan
Konsentrasi Siswa
4.
Yel-Yel
5.
Tepuk Tangan
6.
Tebak Kata
7.
Kata Berkait
8.
Sebut Nama
(Binatang, Tumbuhan,Hewan, Dll)
Dalam kegiatan pelaksanaan bimbingan belajar dengan menerapkan metode ice breaker ini saya selaku penulis sekaligus mahasiswa yang melaksanakan KKNbD dengan memberikan kegiatan ini, mengimplentasikan metode ice breaker di tengah pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan memberikan game ice breaker tepuk tangan dan yel-yel. Saya selaku yang memberikan game tersebut hanya memberikan siswa lirik yel-yel serta petunjuk yang nantinya siswa membuat video yel-yel beserta tepuk tangan sesuai kreasi masing-masing siswa agar melatih kreatif siswa dan tentunya menumbuhkan semangat siswa dalam membuat yel-yel agar terlihat bagus.
Berikut merupakan link kumpulan implementasi ice breaker berupa video yang
di buat oleh masyarakat sasaran:
https://drive.google.com/file/d/1yKFGvdCYQ6mCMbPS3fbZByeQH4Pm1GhZ/view?usp=sharing