Berdiskusi Dengan Masyarakat Sasaran Melalui Via Whatsapp Group Terkait Hasil Program Kegiatan Yang Telah Dilakukan Oleh Masyarakat Sasaran Yaitu Menjauhi Kerumunan

Kerumunan dapat dikatakan sebagai salah satu penyebab menularnya virus corona, karena corona dapat menular melalui udara, maupun droplet atau air liur yang dikeluarkan oleh manusia melalui bersin dan batuk. Menjauhi kerumunan sangat penting untuk dilaksanakan mengingat protokol kesehatan 5 M yang salah satunya yaitu, menjauhi kerumunan.

Menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang juga harus dilakukan. Kerumunan merupakan salah satu tempat penyebaran covid-19. Semakin banyak dan semakin sering bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi covid-19 semakin tinggi. Oleh sebab itu, hindari tempat keramaian terutama bila sedang sakit atau berusia di atas 60 tahun atau lansia. Menurut riset, lansia dan pengidap penyakit kronis memiliki risiko yang lebih tinggi terserang covid-19. Bila terpaksa harus berada di kerumunan, jangan lupa selalu memakai masker.

Masyarakat di desa Bongkasa, sudah menerapkan untuk selalu mentaati protokol kesehatan 5 M yang salah satunya menjauhi kerumunan. Namun dengan pekerjaan masing masing, sulit untuk mentaati protokol kesehatan menjauhi kerumunan tersebut dengan baik, oleh karena itu pentingnya edukasi untuk masyarakat di desa bongkasa apa yang harus dilakukan jika kerumunan tidak dapat dihindari, caranya adalah dengan memakai masker dan tidak berada dikerumunan dengan waktu yang lama.

Pada tanggal 16 Juli, saya sudah memberikan edukasi terkait menjauhi kerumunan melalui group whatsapp masyarakat sasaran berupa media powerpoint. Setelah saya memberikan edukasi tersebut, masyarakat di desa Bongkasa memahaminya dengan cermat dengan cara merespon di group whatsapp tersebut. Setelah itu pada tanggal 23 Juli, saya mempertanyakan terkait hasil program kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat sasaran. Kegiatannya adalah saya melaksanakan diskusi Bersama masyarakat sasaran mengenai pendapat tentang protokol kesehatan 5 M yang salah satunya adalah menjauhi kerumunan. Masyarakat memberikan respon yang berbeda beda, tapi pada intinya sependapat bahwa menjauhi kerumunan merupakan salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran covid 19. Dengan demikian, saya harapkan masyarakat di desa Bongkasa terhindar dari penyakit covid 19, selalu waspada dan tidak panik. Karena panik menyebabkan imunitas tubuh menurun dan penyakit lenih mudah masuk ke tubuh.

Tentang Penulis