Berdiskusi Mengenai Pemasaran Online
- Oleh I Komang Widiada
- Sunday 12/07/2020
- Kelompok 149, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan
Kegiatan KMbD Undiksha 2020
Berdikusi
Mengenai Pemasaran Online
Dalam pelaksanaan kegiatan KMbD Undiksha 2020, berdiskusi mengenai
pemasaran online atau pemasaran secara digital merupakan langkah kedua dalam
pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan telah dilakukan selama 3 hari mulai dari memahami
pengertian dan tujuan spesifik mengenai pemasaran online pada tanggal 10 Juli
2020, kemudian dilanjutkan pada hari berikutnya pada tanggal 11 Juli 2020 yakni
menentukan
aplikasi editing yang paling cocok atau sesuai dalam pembuatan sampel produk
dan akhirnya memilih Canva, serta pada tanggal 12 Juli 2020 merupakan diskusi
dengan masyarakat sasaran mengenai pemasaran online.
Pada tanggal 10 Juli 2020, saya selaku peserta KMbD mencari
referensi mengenai pemasaran online atau pemasaran secara digital. Hal ini saya
lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum berdiskusi langsung dengan masyarakat
sasaran. Saya memahami pemasaran online ini dengan membaca beberapa artikel di
internet dan mengaitkannya dengan permasalahan masyarakat sasaran.
Setelah memahami seperti apa pemasaran online itu, pada tanggal 11
Juli 2020 akhirnya saya memutuskan yang menjadi prioritas utama dalam pemasaran
online ini adalah melalui media sosial. Mengapa demikian? Usaha baru atau
bisnis baru yang dilakukan masyarakat adalah bisnis kecil mengenai penjualan
produk makanan buatan rumah, jadi alternatif termudah dalam pemasaran online
adalah melalui media sosial yang digunakan. Pada dasarnya, ini merupakan hal
yang sudah biasa dilakukan bagi para pelaku usaha kecil-kecilan. Untuk itu,
saya menyimpulkan pemasaran online ini tidak sekedar memasarkan produk dengan sampel
produk biasa, tetapi melainkan dengan membuat sampel produk yang menarik dan
elegan guna mengikat hati pembeli. Terkait dengan pembuatan sampel produk,
nantinya akan ada sedikit proses editing yang mana akan saya pandu dengan video
tutorial dan merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Canva. Ini merupakan
persiapan saya sebelum berdiskusi langsung dengan masyarakat sasaran.
Setelah semua sudah saya persiapkan selama 2 hari, saya memulai
diskusi dengan menanyakan pemahaman mengenai pemasaran online menurut sudut
pandang kelima masyarakat sasaran pada pagi hari tanggal 12 Juli 2020. Semua
masyarakat sasaran memberikan pendapat yang berbeda-beda. Kemudian saya
meluruskannya dengan menyatakan bahwa pemasaran online ini fokus pada pemasaran
melalui media sosial dengan membuat sampel produk terlebih dahulu nantinya.
Kegiatan diskusi berlangsung cukup lama dari pagi hari sampai dengan malam
hari. Ini dikarenakan semua mempunyai kesibukan masing-masing dan tidak bisa
selalu merespon dengan cepat. Namun, syukurnya diskusi bisa selesai di hari
yang sama dan semua masyarakat sasaran memahami seperti apa pemasaran online
yang akan dilakukan beserta gambaran umum mengenai kegiatan-kegiatan yang akan
dilakukan nantinya.