Berdiskusi Mengenai Pemasaran Online

Pelaksanaan Kegiatan KMbD Undiksha 2020

Berdikusi Mengenai Pemasaran Online

 

Dalam pelaksanaan kegiatan KMbD Undiksha 2020, berdiskusi mengenai pemasaran online atau pemasaran secara digital merupakan langkah kedua dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan telah dilakukan selama 3 hari mulai dari memahami pengertian dan tujuan spesifik mengenai pemasaran online pada tanggal 10 Juli 2020, kemudian dilanjutkan pada hari berikutnya pada tanggal 11 Juli 2020 yakni menentukan aplikasi editing yang paling cocok atau sesuai dalam pembuatan sampel produk dan akhirnya memilih Canva, serta pada tanggal 12 Juli 2020 merupakan diskusi dengan masyarakat sasaran mengenai pemasaran online.

Pada tanggal 10 Juli 2020, saya selaku peserta KMbD mencari referensi mengenai pemasaran online atau pemasaran secara digital. Hal ini saya lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum berdiskusi langsung dengan masyarakat sasaran. Saya memahami pemasaran online ini dengan membaca beberapa artikel di internet dan mengaitkannya dengan permasalahan masyarakat sasaran.

Setelah memahami seperti apa pemasaran online itu, pada tanggal 11 Juli 2020 akhirnya saya memutuskan yang menjadi prioritas utama dalam pemasaran online ini adalah melalui media sosial. Mengapa demikian? Usaha baru atau bisnis baru yang dilakukan masyarakat adalah bisnis kecil mengenai penjualan produk makanan buatan rumah, jadi alternatif termudah dalam pemasaran online adalah melalui media sosial yang digunakan. Pada dasarnya, ini merupakan hal yang sudah biasa dilakukan bagi para pelaku usaha kecil-kecilan. Untuk itu, saya menyimpulkan pemasaran online ini tidak sekedar memasarkan produk dengan sampel produk biasa, tetapi melainkan dengan membuat sampel produk yang menarik dan elegan guna mengikat hati pembeli. Terkait dengan pembuatan sampel produk, nantinya akan ada sedikit proses editing yang mana akan saya pandu dengan video tutorial dan merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Canva. Ini merupakan persiapan saya sebelum berdiskusi langsung dengan masyarakat sasaran.

Setelah semua sudah saya persiapkan selama 2 hari, saya memulai diskusi dengan menanyakan pemahaman mengenai pemasaran online menurut sudut pandang kelima masyarakat sasaran pada pagi hari tanggal 12 Juli 2020. Semua masyarakat sasaran memberikan pendapat yang berbeda-beda. Kemudian saya meluruskannya dengan menyatakan bahwa pemasaran online ini fokus pada pemasaran melalui media sosial dengan membuat sampel produk terlebih dahulu nantinya. Kegiatan diskusi berlangsung cukup lama dari pagi hari sampai dengan malam hari. Ini dikarenakan semua mempunyai kesibukan masing-masing dan tidak bisa selalu merespon dengan cepat. Namun, syukurnya diskusi bisa selesai di hari yang sama dan semua masyarakat sasaran memahami seperti apa pemasaran online yang akan dilakukan beserta gambaran umum mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan nantinya.

 

 

Tentang Penulis