BLOG 15 (Diskusi bersama Siswa mengenai Materi Statistika II)

Sabtu, 01 Agustus 2020


Pada pertemuan kali ini, hal yang didiskusikan bersama siswa adalah materi ajar (Materi dapat dilihat di sini) dan latihan soal (Latihan soal dapat dilihat di sini) Statistika II. Pertama, saya membagikan screenshot materi kepada siswa agar lebih mudah dibaca. Setelah itu saya menyuruh mereka untuk membaca materi tersebut. Jika ada materi yang tidak dimengerti, siswa bisa menanyakan hal tersebut.

Beberapa hal yang ditanyakan oleh siswa adalah materi mengenai Modus dan Median (Nilai tengah). Untuk modus, salah satu siswa menanyakan bagaimana jika jumlah datanya banyak kemudian saya memberikan penjelasan. Untuk median, siswa kurang mengerti penggunaan rumus yang telah diberikan, saya kemudian kembali menjelaskan. Setelah itu, saya memberikan latihan soal untuk dikerjakan kepada siswa. Lalu, saya menyuruh mereka mengirim foto jawaban untuk saya periksa. Saat pengerjaan soal, siswa bisa menjawabnya dengan baik dan benar. Walaupun siswa dapat menjawabnya dengan benar menggunakan cara yang sedikit berbeda dari rumus yang saya berikan, saya tetap menyuruh siswa untuk menggunakan rumus yang saya berikan agar mereka paham.

Karena hari ini merupakan hari terakhir bimbingan, saya memberikan kuis berupa soal sebagai evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Kuis ini terdiri dari 2 materi, yaitu Aritmatika Sosial dan Statistika. Masing – masing materi berisikan 5 soal. Demikianlah kegiatan yang telah saya lakukan pada pertemuan kali ini.

Kuis Aritmatika Sosial dapat dilihat di sini.

Kuis Statistika dapat dilihat di sini.