Diskusi Soal Quiz yang Dijawab Salah dan Pemberian Evaluasi Pembelajaran

Minggu, 2 Agustus 2020

    Telah dilaksanakannya diskusi mengenai soal quiz yang dijawab salah oleh masyarakat sasaran. Pada diskusi ini diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan mengenai soal yang belum dapat dipahami dari soal quiz yang dijawab salah oleh masyarakat sasaran. Namun, tidak terdapat soal yang belum dipahami oleh masyarakat sasaran. Masyarakat sasaran sudah bisa memahami dari feedback jawaban yang diberikan. Pada hari ini, juga dilaksanakan penyampaian mengenai evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Senin, 3 Agustus 2020. Selain itu pula, telah dilaksanakan penyusunan soal essay yang digunakan di dalam evaluasi pembelajaran dan rubrik penilaian yang digunakan di dalam memberikan evaluasi pembelajaran.

Adapun soal essay, penyelesaian dan rubrik penilaian dapat diakses pada link sebagai berikut :

 Soal, Penyelesaian dan Rubrik Penilaian Evaluasi Pembelajaran Berbasis Video

Senin, 3 Agustus 2020

    Telah dilaksanakan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi pembelajaran tersebut dimulai pada pukul 08.00 WITA dan berakhir pada pukul 09.00 WITA. Soal terdiri dari 4 buah soal essay, yang merupakan soal aplikasi dari materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Jadi masyarakat sasaran mendapatkan waktu paling lama 15 menit untuk mengerjakan setiap soal. Evaluasi ini dilaksanakan dengan menggunakan media WhatsApp Group. Pada pukul 07.58 WITA dikirimkan soal essay yang berbentuk file Pdf, sehingga masyarakat sasaran mendapatkan waktu untuk mendownload soal tersebut. Ketika masyarakat sasaran selesai untuk mengerjakan soal yang diberikan, maka masyarakat sasaran mengirimkan jawaban tersebut melalui via WhatsApp dan dikirimkan melalui Personal Chat.

    Pada pukul 09.00 WITA, terdapat 5 masyarakat sasaran telah mengirimkan jawabannya melalui Personal Chat namun pukul 09.15 WITA terdapat dua orang yang mengirimkan karena terhalang sinyal dan sudah mengkonfirmasi sebelumnya. Kemudian jawaban yang diberikan oleh masyarakat sasaran tersebut dinilai sesuai dengan rubrik penilaian yang disusun dan dirangkum menjadi satu file dengan format Pdf.

Adapun rangkuman hasil evaluasi pembelajaran dapat dilihat pada link berikut ini :

Rangkuman Hasil Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Video

    Dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan, maka didapatkanlah rata-rata keseluruhnya yaitu 89,57. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat sasaran dapat mengaplikasikan materi yang telah diperoleh baik dari rangkuman materi yang diberikan, video pembelajaran dan quiz yang telah dilaksanakan. Sehingga dari dilaksanakan proses pembelajaran matematika berbasis video, mampu membantu masyarakat sasaran untuk memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, masyarakat sasaran lebih memahami materi pembelajaran ketika diberikan penjelasan sehingga masyarakat sasaran memiliki gambaran untuk belajar bukan hanya sekedar diberikan tugas saja. Karena adanya pandemi seperti saat ini yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan penjelasan secara langsung, tentunya penjelasan yang diberikan tersebut secara online salah satunya dengan memberikan video pembelajaran. Ketika masyarakat sasaran mampu memahami materi yang diberikan, maka masyarakat sasaran lebih memiliki motivasi untuk belajar selama pandemi COVID-19.

    Sehingga program kerja ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan meskipun tidak berjalan secara sempurna. Tentunya di dalam menjalankan program kerja ini terdapat beberapa kendala salah satunya yaitu kurangnya respon dari masyarakat sasaran karena terkendala sinyal. Namun hal tersebut dapat diatas dengan menghubungi secara personal setiap masyarakat sasaran. Tidak lupa juga untuk menyampaikan terima kasih kepada masyarakat sasaran karena telah membantu di dalam melaksanakan program kerja yang telah disusun dengan baik.