Evaluasi Akhir Seluruh Kegiatan Serta Kesan dan Pesan Dari Masyarakat Sasaran

Kegiatan KMbD yang sudah dilakukan selama kurang lebih 4 minggu berjalan lancar sesuai dengan program yang  telah direncanakan. Proses kegiatan ini dilakukan dengan mengacu kepada program dimana membuat masyarakat sasaran bisa belajar Bahasa Inggris dengan baik yang dibantu dengan menggunakan aplikasi sebagai media menarik untuk belajar. Setelah dilakukan nya semua kegiatan adapun agenda yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2020 ialah “Evaluasi Akhir Bersama Masyarakat Sasaran”. Dalam kegiatan evaluasi ini dilakukan kegiatan berdiskusi bersama secara online melalui media WhatsApp group yang sudah dibuat agar lebih praktis serta efisien. Hal pertama yang dievaluasi bersama masyarakat sasaran ialah dengan merangkum semua materi yang sudah dibagikan. Materi tersebut mencakup materi yang sudah disepakati bersama untuk diajarkan selama proses KMbD ini. Selanjutnya, evaluasi kedua ialah mengevaluasi tentang penggunaan aplikasi menarik yang sangat bermanfaat sebagai media belajar terhadap masyarakat sasaran. Hasil dari evaluasi ini, masyarakat sasaran sudah memahami dan mengetahui cara penggunaannya sehingga memudahkan masyarakat sasaran untuk belajar Bahasa Inggris dengan baik. Ini dibuktikan dengan minat masyarakat sasaran terhadap video mengenai pengenalan serta tutorial cara penggunaan dari salah satu aplikasi yang sudah diberikan. Melalui video yang sudah diberikan  ini, masyarakat sasaran dapat mengetahui cara pengguanaan dari salah satu aplikasi yang diperkenalkan.

Adapun hasil dari proses kegiatan KMbD yang sudah dilakukan selama 4 minngu ini adalah masyarakat sasaran sudah mampu untuk belajar Bahasa Inggris dengan baik. Ini dikarenakan adanya pengenalan beberapa macam aplikasi yang menaraik yang sudah saya perkenalkan kepada masyarakat sasaran. Melalui proses ini, masyarakat sasaran dapat mengetahui beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar. Melalui pengenalan aplikasi tersebut, masyarakat sasaran sudah berpartisispasi dengan baik di dalam mencapai tujuan dari program ini ialah dengan Belajar Bahasa Inggris yang menarik dengan menggunakan aplikasi semacam kuiz sebagai media belajar. Sehingga dengan sudah terlaksankannya program ini diharapkan agar masyarakat sasaran lebih aktif dan lebih memahami pembelajaran yang ada disekolah dengan mudah. Selain itu, melalui penjelasan materi dalam bentuk video yang sudah dibagikan membuat masyarakat sasaran bisa menjawab beberap pertanyaan yang terdapat dalam aplikasi kuis yang digunakan. Ini terbukti dari adanya bukti partisipasi masyarakat sasaran dengan mengirimkan hasil kuis mereka didalam menjawab pertanyaan Bahasa Inggris yang terdapat didalam aplikasi.

Adapun dalam kegiatan proses evaluasi, masyarakat sasaran juga menyampaikan kesan dan pesan mengenai proses kegiatan yang sudah dilakukan. Mereka menuturkan bahwa belajar dengan menggunakan aplikasi membuat mereka mudah memahami dan semakin tertarik untuk belajar sehingga tidak membuat masyarakat sasaran merasa bosan. Tentunya, ini dikarenakan adanya fitur-fitur yang menarik yang terdapat didalam aplikasi belajar salah satunya ialah aplikasi Quizizz. Serta dengan didukung oleh kemauan masyarakat sasaran untuk bisa belajar demi mencapai tujuan dari program yang sudah direncanakan sebelumnya. Adapun kesan lainnya  yang disampaikan oleh masyarakat sasaran dalam proses KMbD ini ialah mereka merasa aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan mngisi waktu luang mereka selama masa pandemi Covid-19 ini.  Sehingga ini berkaitan dengan tujuan dipilihnya dari program ini ialah unuk membuat masyarakat sasaran merasa tertarik dalam pembelajaran khususnya didalam belajar Bahasa Inggris. 


Berikut beberapa bukti hasil kuis yang telah dijawab oleh masyarakat sasaran 

https://drive.google.com/file/d/1_R9KKVvXQaOCMEwqNo0zU5v4u79SRg68/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/1elHA0SVmVrertO0wZma42OjzPWBzR4-c/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/1IDphNXyy-L1DQtXdvBrm3y4f5Yk37ovy/view?usp=sharing





Tentang Penulis