OBSERVASI LANJUTAN DENGAN MASYARAKAT SASARAN DENGAN MEMANFAATKAN GOOGLE FORMULIR

    Pada hari Selasa (7/7/20) hingga Rabu (8/7/20), telah dilaksanakan kegiatan observasi lanjutan terhadap masyarakat sasaran. Tujuan dari observasi lanjutan ini adalah untuk mengetahui permasalahan spesifik yang dihadapi oleh masyarakat sasaran terkait masalah konsentrasi belajar. Tujuan lain dari diadakannya observasi lanjutan ini adalah untuk memperoleh data mengenai kondisi dari masyarakat sasaran sebelum melakukan kegiatan meditasi, yang merupakan program kerja yang diadakan oleh mahasiswa pelaksana program pada kegiatan KMbD ini. 

    Kegiatan obeservasi lanjutan yang diadakan, dilakukan dengan memanfaatkan platform Google Formulir. Google Formulir yang telah dibuat oleh mahasiswa pelaksana program, dikirimkan melalui WhatsApp Group bersama masyarakat sasaran, dan selanjutnya masyarakat sasaran akan mengirimkan tanggapannya.

    Berdasarkan observasi lanjutan yang telah dilakukan, dari 5 orang masyarakat sasaran 80% diantaranya mengaku lebih fokus jika belajar di sekolah, karena selama belajar secara daring/online ada banyak hambatan yang membuat mereka hilang fokus, hambatan yang paling banyak dialami oleh masyarakat sasaran, yaitu sebanyak 80% adalah kondisi lingkungan yang berbeda dan gangguan media sosial. Jika mahasiswa sudah mengalami hilang fokus dalam proses belajar rata - rata dari mereka dapat mengembalikan fokus belajar selama 30 menit keatas, dan 60% diantaranya hanya dapat bertahan selama kurang dari 30 menit belajar dalam keadaan fokus. Dari 5 orang masyarakat sasaran 80% diantaranya mengaku belum pernah mencoba metode meditasi untuk menjaga tingkat konsentrasinya, sedangkan hanya 20% yang mengaku pernah melakukan meditasi, dan menyatakan bahwa meditasi cukup ampuh untuk menjaga tingkat konsentrasi


Berikut merupakan link hasil survey lanjutan 

https://docs.google.com/forms/d/1myxtEn4LHHTqlSVra7KJSWn55dvuPnWgbTUKVXQeDFg/edit#responses





Tentang Penulis