PERSIAPAN DAN PEMBUATAN MATERI

Mempersiapkan Dan Membuat Materi Yang Akan Diberikan Selama Proses Kegiatan KMbD

            Kegiatan selanjutnya yang saya laporkan ialah proses persiapan dan pembuatan materi. Dimana proses ini dilakukan pada tanggal 7-11 juli 2010. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan persiapan materi-materi yang akan di berikan kepada masyarakat sasaran. Adapun materi akan dibagikan dengan rentang waktu setiap 1 kali seminggu dengan pembagian topik tiap minggu yang berbeda dan sudah di tentukan bersama sehingga dapat memaksimalkan masyarakat sasaran di dalam mengikuti kegiatan ini.

            Topik minggu pertama yang akan saya berikan kepada masyarakat sasaran ialah tentang materi pengenalan aplikasi-aplikasi yang menarik seperti Kahoot! dan Quiziz. Dalam materi pertama ini saya mempersiapkan penjelasan materi melalui media PowerPoint dan juga membagikan video tutorial cara pemakaian dari salah satu aplikasi tersebut. Dengan media ini diharapkan agar masyarakat sasaran bisa mengerti dan memahami setiap penjelasan dari materi yang diberikan.

            Selanjutnya, adapun materi yang akan diberikan pada paruh minggu kedua yaitu dengan topik “Simple Past Tense”. Dimana saya sudah menyiapkan materi dengan memberikan penjelasan melalui video dan akan diberikan kepada masyarakat sasaran pada jadwal yang sudah di tentukan. Setelah itu, akan diberikan link untuk menjawab kuis melalui aplikasi seperti Quiziz atau Kahoot yang bertujuan untuk membuat masyarakat sasaran tertarik dan tidak bosan di dalam pembelajaran.

            Lalu adapun materi yang akan dipersiapkan untuk minggu ke tiga dan ke empat ialah dengan topik “Adjectives” dan “Descriptive Text”. Dimana akan diberikannya penjelasan melalui video dan media PowerPoint serta kuis melalui Aplikasi Quiziz maupun Kahoot! sehingga masyarakat sasaran diharapkan bisa memahami dan mengasah kemapuan mereka melalui kuis yang diberikan. Maka dari itu, materi yang diberikan diharapkan juga bisa berguna dan bermanfaat kepada masyarakat sasaran untuk menambah ilmu pengetahuan mereka di dalam masa pandemi Covid-19 ini.            

Tentang Penulis