Evaluasi Pelaksanaan Program KKNbD dan Perpisahan

Tahap keenam dalam pelaksanaan KKNbD yaitu melaksanakan kegiatan evaluasi pelaksanaan program dan perpisahan sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli di Banjar Baluk II, Desa Baluk. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan program yang telah dijalankan selama pelaksanaan KKNbD. Kegiatan ini dilaksanakan selama hari Sabtu, 31 Juli 2021. Kegiatan evaluasi dan perpisahan dilaksanakan secara daring dimana kegiatan evaluasi dilaksanakan melalui media google form yang dimulai dari pukul 11.00 sampai 12.00 WITA, sedangkan kegiatan perpisahan dilaksanakan melalui WhatsApp Group yang dimulai dari pukul 13.45 sampai 14.00 WITA.

Adapun instrumen yang digunakan dalam melaksanakan evaluasi terdiri dari lima instrumen, yaitu sebagai berikut.

1.       Materi yang dipaparkan dalam sosialisasi mudah untuk dipahami.

2.       Pelatihan yang berikan mudah untuk diikuti dan didukung dengan buku pedoman yang mudah untuk dipelajari dan dipahami.

3.       Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Ibu dalam memasarkan produk Jajan Uli dan Begina yang Ibu buat.

4.     Promosi bisnis secara online melalui media sosial facebook akan terus dilanjutkan setelah kegiatan pelatihan berakhir.

5.    Berikan saran Ibu untuk penyempurnaan kegiatan serupa kedepannya.

Berikut link google form untuk kegiatan evaluasi: https://bit.ly/EvaluasiPelaksaanKKNbD

Hasil pengisian google form oleh Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina menunjukkan bahwa Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina telah memahami pelatihan yang diberikan saat pelaksanaan program. Hasil dari evaluasi tersebut, yaitu sebagai berikut.

1.   Pada instrumen evaluasi pertama, Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina 100% menjawab ya bahwa materi yang dipaparkan dalam sosialisasi mudah untuk dipahami.

2.    Pada instrumen evaluasi kedua, Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina 100% menjawab ya bahwa pelatihan yang berikan mudah untuk diikuti dan didukung dengan buku pedoman yang mudah untuk dipelajari dan dipahami.

3.    Pada instrumen evaluasi ketiga, Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina 100% menjawab setuju bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Ibu dalam memasarkan produk Jajan Uli dan Begina yang Ibu buat.

4.      Pada instrumen evaluasi keempat, Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina 100% menjawab setuju bahwa promosi bisnis secara online melalui media sosial facebook akan terus dilanjutkan setelah kegiatan pelatihan berakhir.

5.      Secara garis besar pada instrumen evaluasi kelima, saran yang diberikan oleh Ibu-Ibu pelaku usaha Jajan Uli dan Begina yaitu terus mengembangkan kegiatan pelatihan dengan pemaparan materi yang senantiasa disempurnakan dan diperbarui kedepannya.

Berikut link respon kegiatan evaluasi: https://bit.ly/ResponEvaluasiKKNbD

Tentang Penulis