HASIL DAN EVALUASI SEBAGAI PENUTUP KEGIATAN KKNbD

      Setelah melaksanakan kegiatan awal, dan sosialisasi tahap I, II dan III, kegiatan akhir yang dilaksanakan adalah praktek uji coba aplikasi baik aplikasi Gojek, Grab ataupun Canva dan Evaluasi. Dimana praktek uji coba ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ilmu yang disampaikan dapat disimak dan diterapkan dengan baik oleh masyarakat sasaran. Sehingga setelah kegiatan KKNbD telah usai, ilmu yang diberikan tetap diaplikasikan dan dikembangkan dalam usaha yang dimiliki oleh masing-masing masyarakat sasaran. Sedangkan kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan yang telah berlangsung berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan untuk mengetahui perasaan dan pendapat masyarakat sasaran setelah mengikuti kegiatan KKNbD.

Kegiatan praktek uji coba aplikasi dilaksanakan pada tanggal 28 Juli hingga tangga 31 Juli. Dimana masyarakat sasaran dapat melaksanakan praktek uji coba menggunakan salah satu aplikasi atau semua aplikasi. Hal ini tergantung dari keinginan masing-masing masyarakat sasaran. Tanggal 1 Agustus 2021 adalah pengumpulan hasil dari praktek uji coba aplikasi dimana hasil yang dikumpulkan berupa screenshot (bagi uji coba aplikasi gojek/grab) dan berupa design konten (bagi uji coba aplikasi Canva). Dilihat dari hasil yang dikirimkan, 4 dari 5 masyarakat sasaran tertarik menggunakan aplikasi Canva dan 1 orang masyarakat sasaran teratrik menggunakan aplikasi Gojek dan Grab. Kemudian bagi masyarakat sasaran yang menggunakan aplikasi Canva, hasil design  diberikan feedback agar nantinya design yang dibuat semakin baik dan dapat menarik perhatian pelanggan atau konsumen.

Setelah kegiatan praktek uji coba aplikasi dan pengumpulan hasil praktek uji coba, kegiatan selanjutnya adalah kegiatan evaluasi dimana kegiatan ini dilakukan dengan mengisi Google Form dimana link form tersebut dibagikan melalui WhatsApp Group dan form tersebut diisi oleh masing-masing masyarakat sasaran.

Setelah link evaluasi telah diisi oleh masyarakat sasaran maka kegiatan KKNbD pun telah berakhir. Kegiatan ini diakhiri dengan salam penutup dan rasa terima kasih atas kerjasama yang dilakukan bersama selama kegiatan KKNbD berlangsung. Semoga melalui kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya ditengah pandemi.

 

 


Tentang Penulis
I Gusti Ayu Komang Putri Tri Wahyuni