Kegiatan Akhir Pelaksanaan Konseling " Membentuk Pribadi yang lebih Positif bagi para remaja Terdampak Covid-19 Di Desa Panji Berkonsep Tri Hita Karana Dengan Tekhnik Relaksasi" Dalam KKNbD 2021.

Panji (SUKASADA, Kabupaten Buleleng)

Pada Akhir kegiatan,yakni pada Tanggal 29 Juli 2021. Mahasiswa mengarahkan masyarakat sasaran untuk membuat video singkat terkait pesan dan kesan yang dirasakan selama masiswa melaksanakan KKNbD, kemudian menjalankan program kerja sesuai dengan tema dan judul yang telah ditetapkan, yaitu membentuk pribadi yang lebih positif Dengan Konsep Tri Hita Karana melalui tekhnik Relaksasi. Masyarakat sasaran membuat video durasi pendek apa yang dirasakan, dan menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan mahasiswa bersama sasaran yang berada di desa Panji.

Berikut adalah Link video singkat masyarakat Sasaran Terkait pesan dan kesan yang mereka sampaikan selama proses konseling berlangsung. 

https://drive.google.com/folderview?id=1s8nCc7P0d7gRQUHMp3N4wpKI5pvxPNxb


Selanjutnya pada Tanggal 30 Juli 2021 mahasiswa memberikan reward yang dalam hal ini adalah lilin aroma terapi sebagai bentuk terimakasih sekaligus kenang-kenangan bagi masyarakat sasaran yang sudah dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan konseling. Kegiatan KKNbD di tahun 2021 ini memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa, dimana pelaksanaannya berbeda dari tahun sebelumnya dan dilaksanakan lebih banyak hal berani karena adanya Pandemi Covid-19. Hal ini tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk tetap dan konsisten melaksanakan kegiatan yang sudah terprogram dengan baik. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan baik, sesuai dengan harapan, tentunya dengan waktu yang singkat tetapi selesai dengan tepat waktu. Selama proses kegiatan berlangsung belum ada ditemukan kendala yang berarti, ada beberapa kendala kecil yang berhasil teratasi berkat kegigihan mahasiswa dan kesungguhan masyarakat sasaran. Masyarakat sasaran yang mahasiswa pilih dalam hal ini adalah remaja, yang tentunya menjadi tantangan tersendiri, sekaligus menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa. Adanya kegiatan KKNbD ini membuat saya khususnya mahasiswa benar-benar merasakan bagaimana menikmati suasana di desa, pemandangan desa yang sejuk dan asri, terlebih pola hidup masyarakat yang berprofesi menjadi petani dan peternak, menjadi suatu kehormatan saya, bisa diterima, untuk saling berinteraksi dengan masyarakat sekitar desa, meskipun dengan waktu yang terbilang minim, ini pula yang menjadikan perhatian lebih bagi mahasiswa. Dengan tidak lupa juga tetap dan selalu  mematuhi protokol kesehatan. Ada banyak pengalaman sekali, dan pelajaran yang dapat dipetik dalam proses kegiatan konseling sampai akhir. Semoga Desa Panji Selalu Sukses dan semakin maju. Tidak lupa bagi mahasiswa KKNbD 2021 Semoga bisa memberi makna dari setiap kegiatan yang akan dilaksanakan berikutnya, harus lebih baik lagi serta, tetap semngat.

Dan kegiatan KKNbD 2021 yang saya laksanakan di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, lokasi tepat berada di Dusun Dangin Pura, RT.03. Selanjutnya mengambil Tema Psikis, serta Judul Yang Saya Angkat yaitu "Membentuk Pribadi Yang Lebih Positif Bagi Remaja Terdampak Covid-19 di Desa Panji Berkonsep Tri Hita Karana Dengan Tekhnik Relaksasi" Berjalan sesuai harapan, dan selama proses konseling, dapat  berjalan dengan baik dan lancar. Masyarakat sasaran lebih mampu untuk mengendalikan emosi dan stres yang dirasakannya, inilah tujuan yang diharapkan.Terima kasih untuk Bapak Kepala Desa Panji, beserta aparatur Desa yang telah membantu mengarahkan dan membimbing kami saat berada di desa, dan tidak lupa berterima kasih kepada masyarakat Di Desa Panji , Terkhusus Masyarakat Sasaran Para Remaja yang merupakan emas, dan harapan bangsa.