Kegiatan Awal: Pembuatan group dan pengenalan kegiatan kepada masyarakat sasaran

Lokasi kegiatan  :    Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng,Bali.

Rincian kegiatan :    -Pembuatan group melalui via WhastApp

                                        -Pengenalan singkat materi dan background kegiatan.

 

Sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19 akan dilakukan bimbingan dalam penggunaan media belajar online (E-learning) kepada masyarakat sasaran yang berstatus sebagai siswa dan  pengajar. Tujuannya adalah membuat proses belajar tetap produktif selama tinggal dirumah. Setelah melalui kegiatan observasi yang dilakukan tanggal 6 juni lalu disepakati penggunaan media sosial WhatsApp Messenger akan digunakan dalam kegiatan sosialisasi, tetapi karena kegiatan yang yang sifatnya berupa pengajaran tentu akan sedikit susah jika total dilakukan melalui daring, oleh sebab itu kegiatan akan diselingi dengan bertatap muka, tentu itu sesuai prosedur yaitu menggunakan masker dan alat lainnya yang dianjurkan digunakan selama masa pandemi Covid-19.

Tahap awal yang telah dilakukan setelah membuat group melalui aplikasi WhatsApp adalah memberikan  mitra pengenalan tentang kegiatan yang akan dilakukan. Pengenalan dimulai dari yang melatar belakangi  kegiatan yaitu adanya karena adanya pandemi Covid-19  yang menyebabkan semua sektor menjadi terganggu. Covid-19 adalah singkatan dari Corona Virus Disease 2019, angka 2019 diambil berdasarkan tahun pertama virus tersebut ditemukan. Corona virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Dari semua sektor dampak yang paling dirasakan adalah dalam sektor pendidikan yang dirubah menjadi daring. Proses berjalan daring tidak sepenuhnya berjalan lancar karena siswa dan guru pengajar khususnya yang berusia tua tidak bisa menggunakan media E-learning, hal tersebut yang menyebabkan diambil sebuah topik yaitu memberi edukasi khususnya kepada siswa tentang penggunaan media E-learning agar mereka tetap bisa belajar di rumah.

Untuk media E-learning yang nantinya akan digunakan adalah Quizizz dan juga kahoot. Quizizz dan Kahoot adalah salah  satu  media E-learning yang menggunakan kuis sebagai media belajarnya. Aplikasi Quizizz dan Kahoot fleksibel dan tidak memerlukan koneksi yang besar, sehingga cocok diterapkan sebagai media belajar selama pandemi berlangsung.

Tentang Penulis