Kegiatan Minggu Kedua (Senin, 17 Juli - Minggu, 23 Juli 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

    Senin, 17 Juli 2023, memasuki minggu kedua di Desa Mengani, kelompok KKNT Undiksha Desa Mengani memulai hari pertama di minggu ke-2 pada pukul 09.30 – 10.30 WITA dengan melakukan kunjungan ke Puskesmas Kintamani 3 terkait penerimaan hasil kajian dari penyerahan proposal kegiatan sebelumnya. Dan dilanjutkan dengan pengumpulan sampah untuk memenuhi kegiatan pembuatan eco-brick. Namun kegiatan pengumpulan sampah hari ini berbeda dari minggu sebelumnya, dimana kegiatan pengumpulan sampah ini dilaksanakan secara mandiri menyusuri rumah warga, dan warung yang ada di desa. Pengumpulan sampah di kawasan Desa Mengani dilaksanakan pada pukul 11.30 WITA dan berakhir pada pukul 14.30 WITA. Selanjutnya pada pukul 17.00 – 18.30 WITA kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama kelompok KKN Unud Desa Mengani terkait proker yang sudah direncanakan dari masing – masing kelompok KKN dan KKNT untuk Desa Mengani. Setelah semua kegiatan dapat terlaksana dengan lancar, pukul 19.00 – 23.00 WITA kelompok KKNT Undiksha Desa Mengani melaksanakan evaluasi dan menyiapkan materi – materi untuk kegiatan di SD Mengani.

    Selasa, 18 Juli 2023, di hari kedua, kelompok KKNT Desa Mengani mendatangi SDN Mengani untuk menerima jadwal kegiatan program kerja yang dilaksanakan di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 – 10.00 WITA. Setelah selesai melaksanakan kegiatan tersebut, kelompok KKNT Undiksha Desa Mengani kembali mendatangi Puskesmas Kintamati 3 untuk memberikan surat permohonan pendampingan penyuluhan Stunting & Pemberian MPASI terkait proker Penanggulangan Stunting di Desa Mengani. Kegiatan ini berlangsung selama satu jam, dari pukul 11.00 – 12.00 WITA. Kemudian pada pukul 13.00 – 14.30 WITA, kelompok KKNT Undiksha melaksanakan pengumpulan sampah anorganik & dibarengi dengan pembuatan eco-brick, dibarengi dengan mendampingi bank sampah melakukan penimbangan sampling sampah di Desa Mengani sebagai salah satu ketentuan pembangunan TPS 3R.

    Rabu, 19 Juli 2023, hari ketiga di Desa Mengani, kelompok KKNT Undiksha Desa Mengani mendapati hari libur yang disampaikan oleh panitia pusat pelaksanaan KKNT Undiksha. Meski hari libur, kelompok KKNT Undiksha Desa Mengani tetap melakukan beberapa kegiatan sebagai persiapan untuk kegiatan penyuluhan Stunting & Pemberian MPASI. Dan tepat pada sore hari pukul 17.00 – 18.30 WITA, kelompok KKNT Undiksha & KKN Unud melaksanakan pembersihan bersama di gedung serbaguna Desa Mengani. Selanjutnya pada malam harinya kelompok KKNT Undiksha Desa Mengani melakukan persiapan dan latihan pemaparan materi, juga latihan simulasi terkait kegiatan penyuluhan di hari berikutnya.

    Kamis, 20 Juli 2023, hari keempat di minggu kedua, kelompok KKNT Undiksha memulai kegiatan di pagi hari pada pukul 09.00-14.00 WITA. Dimana terdapat dua kegiatan yang berlangsung secara bersamaan. Yang pertama diawali dengan Penyuluhan Stunting & Pemberian MPASI, lalu dibarengi dengan mengisi kelas dengan mengajar siswa/i kelas 2 di SDN Mengani terkait dengan menggambar dan calistung. Pada pukul 16.00 – 18.00 dilanjutkan dengan pembuatan eco-brick. Dan pada malam harinya, melakukan evaluasi disertai dengan persiapan kegiatan besok.

    Jumat, 21 Juli 2023, hari ini pada pukul 07.30 WITA kelompok KKNT Undiksha melaksanakan kegiatan di SDN Mengani terkait uji coba penggunaan chromebook. Lalu membantu persiapan kegiatan umum di Desa Mengani tentang pelatihan penguatan pangan tingkat desa. Kegiatan ini berakhir pada pukul 13.00 WITA, dan pada pukul 14.30 WITA melakukan pemilahan sampling sampah dan melanjutkan pembuatan eco-brick. Lalu pada malam harinya melanjutkan evaluasi dan persiapan kegiatan pendampingan di hari berikutnya.

    Sabtu, 22 Juli 2023, memasuki akhir pekan di minggu kedua, kelompok KKNT Undiksha melakukan pendampingan siswa/i untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di SDN Mengani pada pukul 07.30 WITA. Disamping kegiatan tersebut, kelompok KKNT Undiksha juga kembali mendampingi kegiatan umum di gedung serba guna Desa Mengani terkait kegiatan pelatihan ketahanan pangan tingkat desa yang dihadiri oleh sejumlah narasumber dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bangli. Kegiatan ini berakhir pada pukul 14.00 WITA. Pada sore harinya pukul 16.00 – 17.30 WITA. Lalu pada malam harinya disusul dengan pelaksanaan evaluasi dan persiapan penyuluhan di hari berikutnya.

    Minggu, 23 Juli 2023, hari terakhir di minggu kedua kelompok KKNT Undiksha melakukan pembersihan pada pukul 07.00 – 08.30 WITA bersama warga setempat di lingkungan Pura Desa Mengani, diantaranya ada Pura Puseh, Pura Bale Agung, Pura Dalem, dan Pura Pingit. Selanjutnya pada pukul 09.00 WITA dilanjutkan dengan penyuluhan Penanggulangan Rabies dan Bina Keluarga Remaja di gedung serba guna Desa Mengani dan dihadiri oleh warga dengan mayoritas ibu rumah tangga. Kegiatan penyuluhan ini didampingi langsung oleh petugas polindes Desa Mengani dan Ketua PLKB Desa Mengani. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, dan berakhir pada pukul 12.00 WITA. Setelah itu, pada pukul 12.30 – 13.30 WITA kelompok KKNT Undiksha melakukan relokasi tempat pembudidayaan magoot sebagai media penyuluhan. Kegiatan di hari terakhir minggu kedua pun berakhir, dan akan dilanjutkan dengan evaluasi dan persiapan untuk kegiatan yang akan datang di minggu ketiga 


Tentang Penulis