Kegiatan Minggu Ketiga (Senin, 24 Juli - Minggu, 30 Juli 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

Higlight Kegiatan Di Minggu Ketiga (Senin, 24 Juli - Minggu, 30 Juli 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

    Senin, 24 Juli 2023, setelah 2 minggu melaksanakan kegiatan KKNT di Desa Mengani, kelompok KKNT Undiksha memulai kegiatan di minggu ketiga dengan melakukan interaksi lebih banyak dengan beberapa elemen masyarakat. Adapun kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu pendampingan pelaksanaan upacara bendera di SDN Mengani. Selanjutnya memasuki pukul 09.00 WITA, kelompok KKNT Undiksha mulai menjalankan program kerja penyuluhan penyakit tidak menular dan didampingi langsung oleh posyandu lansia Desa Mengani. Selain melaksanakan penyuluhan, kelompok KKNT Undiksha juga terjun langsung untuk ikut turut serta dalam pelaksanaan posyandu lansia Desa Mengani, dan kegiatan ini berjalan dengan lancar serta berakhir pada siang hari pukul 13.00 WITA. Setelah 2 jam mendapatkan waktu istirahat dan makan siang, kelompok KKNT Undiksha melanjutkan kegiatannya dengan melakukan pengumpulan sampah anorganik di sekitaran posko untuk digunakan sebagai eco-brick.

    Selasa, 25 Juli 2023, di hari kedua, kelompok KKNT Undiksha mulai fokus untuk melaksanakan kegiatan di lingkungan SDN dan PAUD Mengani. Adapun rincian kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKNT Undiksha seperti penyuluhan penanganan rabies di SDN Mengani. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan didampingi oleh guru kelas dari masing-masing tingkat, mulai dari kelas 1 – kelas 6. Selain memberikan penyuluhan, kelompok KKNT Undiksha juga mencoba untuk melakukan observasi secara tidak langsung, terkait siswa/i yang memerlukan pendampingan dalam proses belajar. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa/i SDN Mengani untuk segera menangani luka gigitan anjing serta penanganannya lebih lanjut. Selain kegiatan yang ada di SDN Mengani, KKNT Undiksha juga melakukan penyuluhan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar bagi siswa/i PAUD Mengani. Penyuluhan ini memberikan dorongan bagi siswa/i yang terlibat agar dapat meningkatkan kebersihan mulut mereka dengan cara menyikat gigi. Kegiatan ini juga dibarengi dengan melakukan pengecekan kesehatan dan didampingi langsung oleh petugas posyandu Desa Mengani. Tidak lupa diakhir acara, KKNT Undiksha memberikan sikat gigi dan gelas untuk berkumur bagi siswa/i PAUD Mengani. Diharapkan dengan pemberian tersebut, para siswa/i menjadi lebih sadar dan terus ingin meningkatkan kebiasaan untuk menyikat gigi demi kebersihan mulut yang lebih baik.

    Rabu, 26 Juli 2023, pada hari ketiga KKNT Undiksha kembali melaksanakan program kerja di lingkungan SDN dan PAUD Mengani. Kali ini kegiatan yang dilaksanakan di SDN Mengani terkait penyuluhan NAPZA sementara di PAUD tentang penyuluhan RABIES. Kegiatan penyuluhan di SDN Mengani dapat terlaksana dengan baik, selain ada kelompok KKNT Undiksha, kegiatan ini juga didampingi langsung oleh guru kelas SDN Mengani. Kegiatan penyuluhan ini menyasar seluruh siswa SDN Mengani, dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para siswa/i untuk tetap waspada dan menghindari penggunaan NAPZA sebagai jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Selain kegiatan penyuluhan, KKNT Undiksha juga diberikan kesempatan secara khusus oleh Kepala Sekolah SDN Mengani untuk memberikan pelatihan penggunaan chromebook bagi kelas 5. Dimana pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan perangkat keras para siswa/i kelas 5 saat melaksanakan ujian dengan menggunakan chromebook. Tidak hanya pengenalan perangkat saja, namun KKNT Undiksha juga memberikan arahan terkait cara menjawab soal di dalam sistem ujian, dan latihan soal. Disamping kegiatan yang ada di SDN Mengani, di waktu yang bersamaan, KKNT Undiksha juga melaksankan kegiatan penyuluhan terkait rabies di PAUD Mengani. Menyadari penangananan luka gigitan anjing sangatlah penting bagi anak – anak di lingkungan PAUD, selain mencegah kejadian tidak dinginkan terjadi, penyuluhan ini juga memberikan wawasan bagi anak – anak, bahwa tidak semua anjing dapat diajak untuk melakukan interaksi. Terakhir, KKNT Undiksha melaksanakan observasi lebih lanjut pada siswa/i SDN Mengani dengan mengunjungi langsung lokasi tempat tinggal para siswa/i yang memerlukan pendampingan belajar. Diharapkan program kerja ini kedepannya dapat terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif secara langsung bagi siswa/i yang didampingi nantinya.  

    Kamis, 27 Juli 2023 hari keempat diminggu ketiga kelompok KKNT Undiksha memulai kegiatan di pagi hari di SDN Mengani. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan pendampingan pelatihan penggunaan chromebook tahap 2 sebagai persiapan simulasi AKM. Kegiatan pendampingan ini didampingi langsung oleh guru kelas, dan melibatkan mahsiswa dari fakultas FTK. Proses pelatihan ini disasarkan langsung kepada siswa dan siswi kelas 5, sebagai awal persiapan sebelum naik ke jenjang kelas 6, dimana simulasi AKM akan lebih genjar dilakukan, dan membiasakan para siswa juga siswi kelas 5 untuk menggunaan perangkat keras digital.  Diwaktu yang bersamaan, sebagian kelompok KKNT Undiksha juga melaksanakan pendampingan proses belajar sehari – hari di PAUD Mengani. Kegiatan ini didampingi langsung oleh pengelola paud, dan melibatkan seluruh anak – anak paud. Kegiatan diisi dengan belajar sambil bermain game. Kedua kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 12.00 WITA.

    Jumat, 28 Juli 2023 di hari kelima kelompok KKNT Undiksha kembali melaksanakan kegiatan di SDN Mengani. Adapun serangkaian kegiatan yang dilakukan dimulai dari senam dalam rangka jumat sehat. Kegiatan ini melibatkan guru kelas dan mahasiswa/i KKNT Undiksha, dimana senam ini dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama melakukan senam pramuka, dan senam famire. Setelah selesai senam, seluruh siswa dan siswi SDN Mengani bersama kelompok KKNT Undiksha melakukan pembersihan di sekitaran SDN Mengani, lapangan sepak bola, dan sekitaran kantor desa. Kegiatan ini dikordinir langsung oleh jajaran guru SDN Mengani, dan juga didampingi oleh mahasiswa – mahasiswi KKNT Undiksha. Diwaktu yang bersamaan mahasiswa KKNT Undiksha juga melakukan pemasangan atribut merah putih di kantor desa mengani dalam rangka mempringati hari kemerdekaan Indonesia di bulan agustus. Setelah kegiatan pembersihan selesai, siswa siswi SDN Mengani diberikan penyuluhan pemanfaatan sampah dan langsung diberikan simulasi terkait pemanfaatan sampah dengan pembuatan ecobrick di SDN Mengani. Proses simulasi dikordinir langsung oleh kelompok KKNT Undiksha, dan melibatkan siswa – siswi kelas 3 – kelas 6. Para siswa diajak untuk mengumpulkan sampah anorganik di lingkungan sekolah, lalu dikumpulkan dengan dibagi beberapa kelompok. Selanjutnya para siswa-siswi diajak untuk membuat ecobrick. Serangkaian kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan lancar dan berjalan dari pukul 07.30 – 11.00 WITA.

    Sabtu, 29 Juli 2023 memasuki akhir pekan di minggu ketiga, KKNT Undiksha melakukan pembersihan disekitaran lingkungan posko. Selama pembersihan, sampah anorganik yang ditemukan, dimanfaatkan untuk pembuatan bahan ecobrick. Selanjutnya kelompok KKNT Undikhsa melakukan maintenance pada media magoot sebagai salah satu bentuk untuk mengelola sampah organik. Magoot sendiri selalu dijemur pada pagi harinya agar metabolisme dan perkembangannya dapat terus berjalan. Setelah kedua kegiatan tersebut selesai, KKNT Undiksha bersiap untuk melakukan kegiatan di akhir pekan.

    Minggu, 30 Juli 2023 di akhir pekan minggu ketiga, kelompok KKNT Undiksha fokus untuk melaksanakan kegiatan pendampingan keluarga asuh, dimana kegiatan ini melibatkan komponen masyarakat Desa Mengani. Selanjutnya pada siang harinya, KKNT Undiksha melaksanakan pemilahan sampah organik untuk diberikan makan magoot dan pemilahan sampah anorganik untuk menggunakan eco brick.

Tentang Penulis