Kegiatan Minggu Pertama (Senin, 10 Juli - Minggu, 16 Juli 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

MINGGU PERTAMA KKNT Undiksha Desa Mengani 10 JULI – 16 JULI 2023

 

Senin, 10 Juli 2023, di hari pertama melaksanakan kegiatan KKNT di desa mengani, kelompok kami melaksanakan kegiatan pembersihan secara keseluruhan dan penataan barang-barang pada posko putra dan putri. Selanjutnya kami melaksanakan upacara penyambutan di desa dengan prosesi kegiatan mepiuning dan di koordinir langsung oleh pemangku Desa Mengani. Upacara ini berlangsung harmonis, dimana kegiatan ini, tidak hanya diikuti langsung oleh anggota kelompok KKNT Desa Mengani yang beragama hindu, namun juga non hindu. Selanjutnya setelah proses upacara penyambutan tersebut sudah selesai, kelompok kami langsung melakukan persiapan untuk pelaksanaan kegiatan di hari berikutnya. Yaitu pembersihan di lingkungan sekolah, jalanan sekitar posko kelompok KKNT Desa Mengani, kantor polindes, dan pemasangan spanduk di titik perbatasan desa juga di posko KKNT Desa Mengani

Selasa, 11 Juli 2023, pada hari kedua setelah kelompok KKNT Desa Mengani melaksanakan penetapan di posko, kami melaksanakan kegiatan pertama kami dengan melaksanakan pembersihan lingkungan secara menyeluruh di Sekolah Dasar Mengani. Pelaksanaan kegiatan pembersihan ini dilaksanakan pada pukul 06.30 – 07.30 WITA dan dilakukan oleh kelompok putra. Sementara di jam yang sama kelompok putri melaksanakan pembersihan di PAUD Mengani dan posko putra. Setelah melakukan pembersihan di kedua lingkungan tersebut, pada pukul 10.00 – 11.00 WITA kelompok putra melakukan pemasangan spanduk di posko KKNT dan di jalur perbatasan Desa Mengani. Setelah proses pemasangan spanduk telah selesai dilakukan, pada pukul 15.00 – 16.30, Kordes Mengani melakukan kordinasi bersama Kepala Desa Mengani terkait pelaksanaan kegiatan pengumpulan sampling sampah organik, anorganik, dan residu di beberapa titik. Setelah kegiatan tersebut selesai dilaksanakan, kelompok KKNT Desa Mengani melaksanakan kegiatan evaluasi, kordinasi dengan kepala desa untuk kegiatan di hari berikutnya, yaitu melakukan pengumpulan sampling sampah di beberapa titik wilayah Desa Mengani.

Rabu, 12 Juli 2023, di hari ketiga, kelompok KKNT Desa Mengani sudah mulai melaksanakan kegiatan proker penanggulangan sampah berbasis sumber. Dimana kegiatan ini dikordinir langsung oleh kepala desa dan jajarannya. Selanjutnya kelompok KKNT Desa Mengani melaksanakan observasi untuk penentuan titik sampling pengambilan sampah. Proses ini berjalan lancar, dan dibarengi dengan cuaca cerah saat melakukan pengumpulan sampling sampah. Setelah selesai melaksanakan observasi, kelompok kami bergerak dan menyasar 4 titik yang sudah ditentukan di wilayah desa, dan ditentukan bersama dengan kepala desa. Adapun 4 titik yang menjadi sasarannya adalah : kantor desa, sekolah, polindes desa, rumah warga, dan sejumlah warung. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 12.30 – 16.30 WITA dan dapat berjalan dengan lancar. Setelah pelaksanaan kegiatan pada proker penanggulangan sampah berbasis sumber selesai dilaksanakan, kelompok KKNT Desa Mengani kembali melaksanakan kegiatan evaluasi untuk persiapan di hari berikutnya. Yaitu pengumpulan sampling sampah untuk eco­-brick dan pupuk magoot.

Kamis, 13 Juli 2023, memasuki hari keempat, cuaca di Desa Mengani sudah turun curah hujan dengan intensitas sedang, dimana pagi harinya terjadi hujan dan dilanjutkan pada malam harinya. Kami mengawali kegiatan kami pukul 08.00 WITA dengan melakukan kordinasi dengan petugas Polindes Desa Mengani untuk melakukan pengarahan terkait pengumpulan sampling sampah yang akan digunakan untuk pembuatan eco-brick dan pembuatan pupuk magoot. Selanjutnya kami menentukan sejumlah titik yang menjadi tempat pengumpulan sampling sampah untuk pembuatan eco­-brick dan pupuk magoot. Setelah menentukan titik tersebut akhirnya diputuskan bahwa yang menjadi titik pengambilan sampling sampah tersebut ada di rumah warga dan warung. Karena hujan berangsung mereda pada siang hari pukul 12.00 WITA, pengumpulan sampling sampah tersebut dilakukan 15 menit setelah hujan reda, dan kegiatan tersebut berakhir pada pukul 17.30 WITA. Setelah selesai melakukan pengumpulan sampling sampah, kelompok KKNT Desa Mengani juga melakukan proses pembuatan eco-brick, dimana rencananya hasil eco-brick tersebut akan digunakan untuk membuat kursi. Setelah kegiatan selesai, pada pukul 19.00 – 22.00 WITA kelompok KKNT Desa Mengani melakukan evaluasi dan mempersiapkan proposal kegiatan yang rencananya akan diserahkan kepada Kepala Sekolah SD Mengani dan jajarannya.

Jumat, 14 Juli 2023, hari kelima di Desa Mengani, kelompok KKNT Undiksha melaksanakan beberapa kegiatan bersama jajaran desa dan melibatkan masyarakat. Kegiatan pertama adalah penyuluhan secara door to door dengan masyarakat dan didampingi langsung oleh kepala desa. Penyuluhan ini dilaksanakan pada pukul 07.30 WITA sampai pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini melibatkan 4 orang mahasiswa/i dan dapat berjalan dengan lancar. Setelah selesai melaksanakan penyuluhan bersama dengan kepala desa, kelompok KKNT Desa Mengani berkordinasi dengan Kepala Sekolah SD Mengani dan diikuti oleh seluruh anggota kelompok. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 09.30 WITA, dimana di dalam kegiatan tersebut kelompok KKNT Desa Mengani melaksanakan penyerahan proposal kegiatan, surat kerja sama, dan album anggota KKNT Undiksha untuk Desa Mengani. Selanjutnya, diskusi bersama terkait proposal kegiatan yang diajukan, dan diakhiri pada pukul 10.30 WITA dengan sesi foto bersama Kepala Sekolah SD Mengani. Pukul 12.00 WITA, kegiatan berikutnya berlangsung di Puskesmas Kintamani 3, dimana hal ini terkait dengan pengajuan proposal kegiatan, pengajuan surat kerja sama, dan berkordinasi untuk pengadaan kegiatan sosialiasi di Desa Mengani. Kegiatan ini selesai pada pukul 13.30 WITA dan diakhiri dengan foto bersama kepala Puskesmas Kintamani 3. Setelah selesai melaksanakan kegiatan di puskesmas, kegiatan selanjutnya adalah melakukan pemilahan sampah yang dapat digunakan untuk pembuatan eco-brick dan dilaksanakan disekitaran posko Kelompok KKNT Desa Mengani. Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 15.00 WITA, dan dilanjutkan pada malam hari pukul 19.00 WITA dengan evaluasi atas kegiatan hari ini, serta diskusi untuk mempersiapkan kegiatan di hari esok. Evaluasi ini berakhir pada pukul 22.00 WITA, dan semua kegiatan yang dilakukan hari ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Sabtu, 15 Juli 2023, memasuki hari keenam di Desa Mengani, kelompok KKNT Desa Mengani memulai kegiatan awal dengan Penyusunan rencana kegiatan bersama kepala UPT Puskesmas Kintamani 3. Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok KKNT Desa Mengani pada pukul 10.00 WITA, dan berakhir pada pukul 11.30 WITA. Setelah itu, pada pukul 12.00 WITA kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti serangkaian Upacara ngurug bersama warga desa mengani di setra Desa Mengani. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 jam, dan dihadiri oleh jajaran kepala desa, dan masyarakat. Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.00 WITA. Pada malam harinya, dilakukan kegiatan evaluasi dan diskusi terkait penyusunan materi sosialiasi pada pukul 19.00 – 21.00 WITA.

Minggu, 16 Juli 2023, Di hari minggu pertama, Kelompok KKNT Desa Mengani melaksanakan kegiatan pembersihan secara umum di lingkungan rumah masyarakat desa, diantaranya ada area wantilan, lapangan bola voli dan jalanan di sekitarnya, serta area di depan jalan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WITA sampai 10.30 WITA. Pada siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan hasil sampling pada rumah warga, kantor desa, polindes desa, dan warung – warung. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA dan selesai pada 15.00 WITA. Dan pada sore harinya, pukul 16.00 – 17.30 WITA dilaksanakan evaluasi kegiatan selama satu minggu, dimulai dari tanggal 10 Juli – 16 Juli 2023. Pada malam harinya pukul 19.00 – 22.00 WITA dilaksanakan evaluasi dan persiapan kegiatan untuk di minggu ke-2.

Tentang Penulis