Kegiatan Minggu Keempat (Senin, 31 Juli - Minggu, 6 Agustusi 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

Minggu keempat di Desa Mengani menjadi salah satu kesempatan bagi kelompok KKNT Undiksha melaksanakan program individu yaitu pendampingan keluarga asuh. Di hari pertama pada senin, tanggal 31 Juli 2023, kelompok KKNT Desa Mengani mulai melaksanakan kegiatan  pendampingan keluarga asuh di SDN Mengani. Perlu diketahui bersama bahwa KKNT Undiksha Desa Mengani menjalankan program keluarga asuh pada siswa – siswi SDN Mengani. Dari total jumlah mahasiswa KKNT Undiksha, dari 24 anggota kelompok mahasiswa – mahasiswi kelompok KKNT Desa Mengani berdasarkan kesepakatan dengan pihak sekolah SDN Mengani, kelompok KKNT Undiksha, mendapatkan beberapa siswa – siswi yang memerlukan pendampingan keluarga asuh. Sehinga setelah pengumuman tersebut, kelompok KKNT Undiksha mulai melakukan persiapan observasi di sekolah di hari itu. Kegiatan observasi ini juga didampingi langsung oleh guru kelas, dan melibatkan siswa – siswi diluar pendampingan keluarga asuh. Kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh dengan canda tawa, karena antusias dari siswa – siswi SDN Mengani, dan keaktifan mahasiswa – mahasiswi KKNT Undiksha. Setelah kegiatan selesai pada pukul 14.00 WITA, kelompok KKNT Undiksha melakukan persiapan untuk meninggalkan posko untuk mempersiapkan merayakan hari raya suci Galungan dan Kuningan.

Hari kedua, ketiga, dan keempat Selasa 1 Agustus, Rabu 2 Agustus, Kamis 3 Agustus  menjadi hari libur bagi kelompok KKNT Undiksha, dimana mayoritas mahasiswa – mahasiswi kelompok KKNT Undiksha melaksanakan ibahadah serangkaian upacara merayakan Hari Suci Agama Hindu Galungan. Selanjutnya di hari kelima pada Jumat, 4 Agustus 2023, kelompok KKNT Undiksha sudah kembali berada di posko dan kembali melaksanakan kegiatan pendampingan keluarga asuh. Karena liburan Hari Raya Suci Galungan dan Kuningan sedang berlangsung di SDN Mengani, kelompok KKNT Undiksha mulai menyusuri rumah keluarga asuh di Desa Mengani. Sembari menikmati keindahan pemandangan di Desa Mengani, kelompok KKNT Undiksha dengan antusias melaksanakan kordinasi dengan keluarga yang didampingi untuk melaksanakan program keluarga asuh. Rumah keluarga dampingan kelompok KKNT Undiksha memiliki jarak yang variatif dari posko kelompok KKNT Undiksha, ada yang berjarak kurang dari 1 KM, dan ada yang hingga lebih dari 4 KM. Meski dengan berbagai rintangan yang ada, KKNT Undiksha tetap memiliki tekad yang kuat untuk melaksanakan kegiatan pendampingan pada keluarga yang sudah terpilih sebelumnya. Adapun kegiatan ini terlaksana dari pukul 14.00 – 19.00 WITA, dan berjalan tanpa hambatan yang berarti.

Akhir pekan di minggu keempat pada Sabtu, 5 Agustus, dan Minggu, 6 Agustus 2023 juga tidak luput menjadi hari efektih kelompok KKNT Undiksha untuk melaksanakan kegiatan pendampingan keluarga asuh. Selain melaksanakan kegiatan pendampingan, kelompok KKNT Undiksha juga berkesempatan untuk mendampingi jajaran kepala desa untuk melakukan proses input data terkait kepala keluarga penerima bantuan TPS 3R Desa Mengani. Kegiatan ini dikordinir langsung oleh Perbekel Desa Mengani. Kegiatan pendampingan ini terlaksana pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023. Dan keesokan harinya Minggu, 6 Agustus 2023 kelompok KKNT Undiksha telah melaksanakan kegiatan pembersihan (Minggu Bersih), bersama jajaran STT Desa Mengani. Selain membangun sinergi dengan STT Desa Mengani, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah rasa kebersamaan kelompok KKNT Undiksha dengan pihak STT Desa Mengani. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga titik berbeda, dimana kelompok KKNT Undiksha mendapatkan bagian di lapangan voli, SDN Mengani, dan di sekitaran gedung serba guna Desa Mengani 

Tentang Penulis