Kegiatan Minggu Keenam (Senin, 14 Agustus - Minggu, 20 Agustusi 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

                Senin, 14 Agustus 2023 menjadi hari pertama bagi KKNT Undiksha untuk melaksanakan kegiatan. Mengawali hari pertama di minggu ke enam, KKNT Undiksha terus melanjutkan pembuatan media tempat sampah dari eco-brick. Selain melaksanakan kegiatan tersebut, KKNT Undiksha juga tidak lupa untuk melakukan pemeliharaan pada media maggot. Karena cuaca di Desa Mengani masuk dalam kategori ekstream bagi maggot dimana metabolismennya menjadi terhambat, akibat suhu yang dingin, oleh karena itu KKNT Undiksha menjemur maggot  tersebut, dan juga tidak lupa untuk diberikan makanan berupa sisa – sisa bahan organik, seperti sayur kol, dan pisang. Setelah selesai melakukan pemeliharaan pada maggot, KKNT Undiksha kembali membuat tempat sampah dari eco-brick. Proses pembuatan ini dilakukan secara bertahap dari hari ke hari. Sehingga dalam satu hari, akan selalu ada proses yang dihasilkan dari pembuatan tempat sampah ini. Adapun kegiatan ini diawali dengan pembersihan disekitaran posko KKNT Undiksha, dilanjutkan dengan pemotongan bahan – bahan yang diperlukan, lalu dilanjutkan dengan mengecat bahan – bahan tersebut. Setelah kegiatan selesai, KKNT Undiksha tidak lupa untuk membersihkan sisa – sisa sampah yang ada.

                Selasa, 15 Agustus 2023, hari kedua di minggu ke enam, KKNT Undiksha bersiap – siap untuk melaksanakan kegiatan hari ini. Meski cuaca sedang mendung, hal ini tidak menjadi hambatan untuk melaksanakan kegiatan.       Mengawali kegiatan di pagi hari, KKNT Undiksha kembali melaksanakan kegiatan pembuatan media tempat sampah. Tahapan yang dilakukan oleh KKNT Undiksha kali ini sudah hampir memasuki tahapan final. Setelah selesai dengan kegiatan tersebut, pada malam hari, tepatnya pada pukul 19.00 WITA, KKNT Undiksha kembali melaksanakan kegiatan kordinasi bersama Kepala Desa, STT Desa Mengani, dan KKN Unud, dalam rangka persiapan kegiatan lomba memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke – 78. Hasil diskusi dari kordinasi yang sudah dilakukan sebelumnya, sudah mendapatkan hasil final untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

                Hari ketiga di Desa Mengani pada Rabu, 16 Agustus 2023, KKNT Undiksha melaksanakan serangkaian persiapan kegiatan lomba yang rencananya akan dilaksanakan di hari esok. Dalam mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan pada lomba di hari esok, KKNT Undiksha perlu berpergian hingga keluar Desa Mengani, agar mendapatkan alat yang sesuai untuk pelaksanaan kegiatan lomba tersebut. Sesampainya di posko, pada siang harinya KKNT Undiksha melaksanakan kegiatan pembersihan di taman makam pahlawan Desa Mengani sebagai persiapan upacara mecaru dan persembahyangan di hari esok. Kegiatan ini melibatkan kelompok mahasiswa KKNT Undiksha serta Kepala Desa.

                Memasuki hari memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke – 78 pada Kamis, 17 Agustus 2023, KKNT Undiksha kembali dihadapkan dengan serangkaian kegiatan untuk merayakan dan memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke – 78. Pada pagi harinya pukul 08.00 WITA – 09.00 WITA, KKNT Undiksha mengikuti upacara mecaru yang dilaksanakan di taman makam pahlawan Desa Mengani. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh masyarakat adat Desa Mengani, dan berlangsung secara harmonis. Setelah selesai melaksanakan upacara mecaru, cuaca di Desa Mengani kurang bersahabat, ini terlihat dari curah hujan yang tinggi, serta suhu disekitar yang semakin menurun. Meski terkendala dengan cuara, pada pukul 09.30 WITA, KKNT Undiksha melaksanakan kegiatan mempersiapkan lokasi lomba dan alat – alat yang diperlukan saat melaksanakan lomba. Kegiatan ini dilaksanakan bersama STT Desa Mengani, dan KKN Unud. Persiapan ini juga dibarengi dengan curah hujan yang semakin meningkat. Namun meski demikian, kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar, dan berakhir pada pukul 12.00 WITA. Selanjutnya, pada pukul 12.30 WITA, KKNT Undiksha melakukan ziarah di taman makam pahlawan Desa Mengani, sebagai salah satu bentuk penghormatan pada para pahlawan yang sudah berjuang di era zaman penjajahan. Sesampainya di posko, KKNT Undiksha langsung bersiap untuk melaksanakan kegiatan inti di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke – 78, yaitu pelaksanaan lomba – lomba bersama masyarakat Desa Mengani. Adapun lomba yang diadakan menggunakan tema ketangkasan, dimana lomba ini akan dilaksanakan oleh 3 kelompok yang terdiri dari masyarakat umum, STT Desa Mengani, KKN Unud, serta KKNT Undiksha. Adapun serangkaian lomba yang diadakan pada tema ketangkasan ini adalah : lomba memakai celana tanpa menggunakan tangan, memindahkan pipet dengan menggunakan bibir, lomba menggendong untuk memindahkan air, memberi makan dengan mata tertutup, dan balap karung. Selain kelima lomba utama tersebut, terdapat lomba hiburan berupa naga balon air, dan menangkap bebek dengan mata tertutup. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 13.00 – 17.30 WITA, dengan STT Desa Mengani yang mendominasi juara dari perlombaan tersebut. Selama proses pelaksanaan kegiatan, cuaca di Desa Mengani perlahan – lahan, mengalami intensitas hujan yang tinggi, dimana puncaknya pada pukul 16.30 saat lomba akan berakhir. Meski dengan cuaca yang kurang mendukung, dengan semangat dan darah perjuangan masyarakat Desa Mengani yang tinggi, acara tetap dapat berlangsung dengan penuh kemeriahan yang menghibur semua pihak yang terlibat di acara tersebut. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Babinsa serta Bhabinkamtibmas, untuk memastikan keamanan serta kelancaran pelaksanaan kegiatan lomba serangkaian perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 78 di Desa Mengani.

                Setelah selesai melaksanakan kegiatan serangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke – 78, pada hari Jumat, 18 Agustus 2023, kelompok KKNT Desa Mengani memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan laporan individu pada program keluarga asuh. Memasuki akhir pekan, KKNT Undiksha mendapatkan serangkaian kegiatan tambahan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 untuk melaksanakan kegiatan pendampingan pelaksanaan kegiatan posyandu siswa – siswi SDN Mengani. Kegiatan ini berlangsung dibawah pengawasan Puskesmas Kintamani III dan Polindes Desa Mengani. Akhir pekan menjadi hari yang padat, karena setelah selesai melaksanakan kegiatan di Desa, kelompok KKNT Undiksha di Desa Mengani masih harus dihadapkan dengan persiapan terkait pelaksanaan ujian kelompok yang akan diadakan pada Selasa, 22 Agustus 2023. Dengan berakhirnya kegiatan di Desa Mengani pada tanggal 20 agustus, maka kelompok KKNT Undiksha secara resmi tidak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan program kerja.

Tentang Penulis