Kegiatan Minggu Kelima (Senin, 7 Agustus - Minggu, 13 Agustusi 2023) KKNT Undiksha Di Desa Mengani

Tidak terasa waktu sudah memasuki minggu kelima bagi KKNT Desa Mengani. Minggu kelima adalah waktu bagi KKNT Undiksha Desa Mengani untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan sampah berbasis sumber. Hari pertama di minggu kelima, pada Senin, 7 Agustus 2023, KKNT Undiksha mulai melaksanakan proses pembuatan eco-brick, dengan melakukan proses pengumpulan sampah botol plastik di lingkungan Desa Mengani. Kegiatan pengumpulan sampah botol lini tidak hanya menyusur di sekitaran Desa Mengani saja, namun juga sanpai di luar perbatasan desa. Selanjutnya, setelah selesai melakukan pengumpulan sampah botol plastik, KKNT Undiksha mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Dosen Pembimbing Lapangan KKNT Undiksha Desa Mengani. Proses bimbingan program kerja yang sudah dilaksanakan oleh KKNT Undiksha mendapat apresiasi langsung dari Dosen Pembimbing Lapangan, serta tidak lupa juga untuk memberikan saran dan masukan terkait proker yang sudah dikerjakan. Setelah mendapatkan arahan langsung, KKNT Undiksha kembali melaksanakan kegiatan untuk pembuatanan eco-brick untuk media tempat sampah. Kegiatan ini berakhir pada pukul 18.00 WITA, dan tetap dilanjutkan pada hari berikutnya.

Hari kedua di minggu kelima, pada Selasa, 8 Agustus 2023, KKNT Undiksha kembali mengerjakan program kerja dari pembuatan media tempat sampah. Adapun serangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi proses pemilahan sampah plastik di sekitaran posko untuk digunakan sebagai eco-brick serta proses pengecatan botol eco-brick  dan penyusunan eco-brick  untuk menjadi tempat sampah. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar, dengan melibatkan seluruh anggota KKNT Undiksha, dan dimulai dari pukul 13.30 WITA, sampai pukul 15.00 WITA.

Hari ketiga, Rabu, 9 Agustus 2023 di Desa Mengani, KKNT Undiksha mulai membuat salah satu bagian dari kerajinan tempat sampah yang akan dibuat dari eco-brick. Bagian yang dibuat ini merupakan wadah dari eco-brick agar dapat tersusun menyerupai tempat sampah. Pembuatan bagian dari tempat sampah eco-brick menggunakan bahan – bahan yang berada di sekitaran posko, mulai dari kayu, dan bambu. Setelah selesai membuat bagian dari tempat sampah tersebut, di sore harinya, mahasiswa anggota KKNT Undiksha melaksanakan kegiatan bersih – bersih pada lahan yang menjadi tempat pembuangan sampah bagi pihak SDN Mengani. Pembersihan ini telah dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa KKNT Undiksha, dan lahan yang menjadi tempat pembuangan serta pembakaran sampah disterilkan agar sampah tidak berserakan.

                Di hari keempat, Kamis, 10 Agustus 2023, Kelompok KKNT Undiksha kembali melaksanakan kegiatan pengumpulan sampah plastik di lingkungan Desa Mengani untuk penyusunan eco-brick. Jika sebelumnya KKNT Undiksha mengumpulkan botol plastik, kali ini sampah yang dikumpulkan adalah sampah plastik yang biasanya berasal dari bungkusan makanan, kresek, dan sisa – sisa wadah pupuk. Kegiatan pengumpulan sampah plastik ini menyusuri perkebunan, jalanan, dan tempat yang menjadi lokasi masyarakat menimbun dan membakar sampah, serta area diluar Desa Mengani. Setelah selesai kegiatan, kelompok KKNT Undiksha berhasil mengumpulkan sampah plastik dalam jumlah yang sesuai untuk pembuatan eco-brick.

                Jumat, 11 Agustus 2023, KKNT Undiksha mulai bersiap – siap untuk mencari bahan – bahan tambahanan membuat tempat sampah. Untuk bahan – bahannya sendiri hanya terdiri dari dua bahan saja. Karena keterbatasan ketersedian bahan yang ada di Desa Mengani, mahasiswa KKNT Undiksha memutuskan untuk mencari bahan – bahan yang di perlukan di luar lingkungan Desa Mengani. KKNT Undiksha melakukan observasi pada toko bangunan yang ada di kawasan batur. Akhirnya ditemukan  perbedaan jumlah harga yang cukup signifikan antara toko yang satu, dengan yang lainnya. Meski cukup memerlukan waktu yang tidak sebentar, namun hasil dari jerih payah untuk melakukan observasi harga di kawasan batur bisa sepadan. Selanjutnya mahasiswa KKNT Undiksha kemabali ke posko untuk melanjutkan serangkaian tahapan pembuatan tempat sampah. Setelah mendapatkan bahan – bahan yang diperlukan, KKNT Undiksha selanjutnya melakukan pengecatan pada bahan yang sudah dibeli serta pembersihan dengan cara dicuci dengan air bersih. Adapun bahan yang di beli ini adalah wadah pupuk yang dimodifikasi menjadi tempat sampah, serta kayu. Setelah selesai, pada sore harinya, 1 jam setelah selesai melaksanakan kegiatan, pukul 17.00 WITA, KKNT Undiksha bersiap untuk meninggalkan posko untuk merayakan Hari Raya Kuningan.

Sabtu, 12 Agustus 2023, menjadi awal akhir pekan KKNT Undiksha untuk beristirahat setelah selesai melaksanakan serangkaian kegiatan yang ada di Desa Mengani, sambil merayakan Hari Suci Kuningan pagi anggota KKNT Undiksha yang beragama Hindu.

Di akhir pekan, Minggu, 13 Agustus 2023 KKNT Undiksha bersiap untuk kembali ke posko KKNT Undikhsa, dan sebelum pukul 14.00 WITA, seluruh anggota KKNT Undiksha sudah berada di posko. Sesampainya di posko, tidak lupa KKNT Undiksha melaksanakan serangkaian pembersihan di sekitaran posko. Meski cuaca sedang mendung serta hujan secara tidak langsung, KKNT Undiksha tetap melaksanakan pembersihan. Pada malam harinya, tepatnya pada pukul 19.30 – 20.30 Undiksha KKNT Undiksha melakukan kordinasi bersama KKN Unud serta pengurus STT Desa Mengani terkait rangkaian persiapan lomba dalam rangka merayakan HUT-RI pada tanggal 17 agustus nanti. Setelah selesai melakukan diskusi, pada pukul 21.00 - 22.00 WITA, KKNT Undiksha kedatangan tim pemonev dari LP2M Undiksha untuk melaksanakan kegiatan monetering KKNT Undiksha di Desa Mengani. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar, dimana tim pemonev memberikan saran dan masukan terkait pelaksanaan proker yang sudah dilaksanakan di Desa Mengani, lalu terkahir kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

                 

Tentang Penulis