Kegiatan Pada Minggu 1 (Mengembangkan 2 Aspek)

 Pada minggu pertama pelaksanaan KKNbD ini telah berakhir yang dimana setelah pembuatan grup WhatsApp kepada masyarakat sasaran pada hari senin lalu. Dalam pelaksanaan kegiatan pada minggu pertama ini mendapatkan antusias  yang sangat baik dari masyarakat sasaran, berikut merupakan kegiatan yang berlangsung dalam minggu 1:

  • Pada hari selasa, 6 Juli 2021 yaitu adanya Pemberian pengarahan kepada masyarakat sasaran melalui Grup WhatsApp. Pada grup tersebut diberikan informasi terkait pelaksaan kegiatan serta program yang akan dilakukan selama satu minggu kedepan sehingga para orangtua masyarakat sasaran mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilakukan.
  • Kegiatan dilanjutkan pada hari Kamis,8 Juli 2021 dengan kegiatan pemberian bahan ajar dan pendampingan mengenai aspek perkembangan kognitif berupa materi pada PPT yang berlangsung melalui kegiatan tatap muka selama 2 jam di Balai Banjar Badung, Gulingan. Pendampingan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dimana tetap menerapkan cuci tangan dan penggunaan hand sanitizer sebelum masuk dan belajar Bersama. Kegiatan ini didampingi oleh orangtua masyarakat sasaran agar orangtua juga mengetahhui bagaimana perkembangan belajar serta cara yang digunakan dalam belajar sehingga nantinya orangtua akan lebih mengerti terkait cara belajar yang menyenangkan. Pada pertemuan pertama diberikannya bahan ajar menggunakan PPT dengan tema “Hewan Peliharaan”. Tema tersebut cukup mudah dan menyenangkan ketika dipelajari sebab tema tersebut sering dijumpai pada kehidupan mereka sehari hari. Disamping mengembangkan kognitif anak dengan menebak games yang diberikan melalui PPT tersebut, pada bagian ini dapat dikembangkan pula aspek bahasa sehingga anak dapat diterapkan pembiasaan penghafalan Bahasa inggris dengan tema tersebut sehingga belajar lebih bervariasi. Setelah memberikan games melalui PPT yang disambut dengan antusias oleh anak-anak, kemudian diberikannya lembar kerja berupa tarik garis antara hewan peliharan dengan makanannya. Ini membantu anak-anak lebih memahami terkait materi yang telah di sampaikan. Kemudian kegiatan di tutup dengan bernyanyi Bersama dan berdoa pulang.
  • Kegiatan dilanjutkan pada hari Jumat, 9 Juli 2021 yaitu pemberian bahan ajar mengenai aspek sosial emosional berupa pemberian video yang berlangsung melalui grup whatsapp. Video tersebut diambil dari youtube yang mengangkat film dengan judul “Inside Out”. Pada cuplikan video tersebut berisi 5 karakter/kepribadian yang ada di tubuh seseorang. Didalam karakter tersebut memiliki warna yang berbeda yang menunjukan karakter misalnya warna merah menunjukan sifat pemarah, warna kuning dengan sifat periang, dan lain sebagainya. Video ini diberikan melalui grup WhatsApp terlebih dahulu agar orangtua dapat melihat video terlebih dahulu sebelum pendampingan belajar esok hari.
  • Sabtu, 10 Juli 2021 kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan terkait bahan ajar mengenai aspek sosial emosional berupa pemberian video secara langsung dan mengajak anak mewarnai tokoh berdasarkan video yang telah diberikan. Pada kegiatan pendampingan ini lebih banyak metode bercakap-cakap dan memberikan interaksi kepada anak agar anak-anak memahami pembelajaran yang diberikan. Selain mengenalkan sifat karakter yang dimiliki setiap orang melalui video tersebut, kegiatan ini juga mengenalkan warna pada anak sehingga anak mengetahui beragam warna yang ada. Setelah menonton video terkait social emosional dan melakukan metode bercerita, anak-anak diminta untuk melakukan kegiatan mewarnai lembar kerja yang berisi gambar karakter yang ada pada video tersebut. Anak-anak diberikan contoh warna dan dipersilahkan untuk mewarnai gamabar yang telah diberikan. Pada kegiatan mewarnai ini anak sangat antusias dalam melakukannya sebab mereka dapat mengekspresikan warna dan melatih motorik halus pada anak. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan bernyanyi dan berdoa pulang.

        Sekian kegiatan yang telah berlangsung dengan baik dan lancar dalam satu minggu ini. Pada minggu ini 2 aspek telah dikembangkan dan dikemas dengan menyenangkan serta menarik sehingga orantua dan anak-anak sangat antusias mengikuti kegitan belajar. meskipun di tengah PPKM yang telah berlangsung ini, kegiatan ini telah diberikan izin oleh pihak banjar dan desa dengan catatan memperhatikan protokol kesehatan dan juga tidak dalam waktu yang lama dalam satu hari.

Tentang Penulis