Kegiatan Pada Minggu 2 (Mengenbangkan Aspek Motorik)

         Minggu,  11 Juli 2021 merupakan kegiatan pengarahan pengembangan aspek motorik halus pada anak. pengarahan ini berlangsung pada Grup WahtsApp yang berlansung selama 1 jam. pengarahan tersebut berisikan materi yang akan di berikan, waktu dan tempat pelaksanaan agar esok hari orangtua masyarakat sasaran dapat menghantar anaknya untuk melakukan kegiatan belajar secara tatap muka.

            Senin, 12 Juli 2021 merupakan kegiatan pelaksanaan belajar tatap muka dengan mengembangkan aspek morotik halus pada anak. melakukan kegiatan ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer sebelum belajar. untuk memulai kegiatan pertama ini dilakukan dengan mengajak anak bermain secara sederhana dengan memanfaatkan bola plastik kecil dan kardus bekas yang sudah dilapisi manila.  pada permainan ini anak diminta untuk mengambil bola sesuai dengan intruksi kegiatan ini melatih daya ingat anak terkait instruksi yang diberikan.  pada warna tersebut diterapkan dengan penggunaan dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris agar anak terbiasa untuk lebih banyak bicara terkait pembelajaran dan menambah wawasan kosa kata atau bahasa yang dimiliki.  setelah melakukan permainan sederhana tersebut,  dilanjutkan dengan pemaparan materi memggunakan laptop yang dimana dalam materi tersebut diajarkan untuk mengenal huruf A-Z secara bersama sama dan belajar mengeja secara bertahap. pemaparan materi tersebut menggunakan metode ceramah yaitu dimana materi disampaikan dengan guru sebagai pokok utamanya, serta metode diskusi dimana anak diajak untuk saling berdiskusi terkait huruf yang ditampilkan pada layar laptop. untuk lembar kerja menggunakan metode latihan yang dimana dalam lembar kerja tersebut diberikan kegiatan menebalkan huruf  tersebut dengan gambar yang menarik.

                Kegiatan menulis ini melatih motorik halus pada anak sehingga anak lebih mudah untuk menggerakan tangan agar tidak kaku. penerapan kegiatan lembar kerja ini sangat efektif untuk membatu menggerakkan motorik anak.  segala kegiatan ini diikuti rasa antusias oleh anak-anak sebab dalam kegiatan juga diselingi dengan bernyanyi dan bergerak bersama. Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam di Balai Banjar Badung,  Gulingan mulai pukul 16.00-18.00


Tentang Penulis