Langkah Akhir Pembuatan Sampel Produk Makanan: Editing Gambar Produk Makanan
- Oleh I Komang Widiada
- Monday 27/07/2020
- Kelompok 149, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan
Kegiatan KMbD Undiksha 2020
Langkah
Akhir Pembuatan Sampel Produk Makanan:
Editing
Gambar Produk Makanan
Dalam pelaksanaan
kegiatan KMbD Undiksha 2020, kegiatan kelima dalam pelaksanaan kegiatan KMbD
ini merupakan langkah lanjutan pembuatan sampel produk makanan yakni editing
gambar produk makanan setelah sebelumnya melakukan pengambilan gambarnya.
Kegiatan ini telah dilakukan selama tiga hari terhitung dari tanggal 24 Juli
2020 yaitu memulai proses editing secara langsung dengan
memberi sedikit saran atau tips kepada masyarakat sasaran, kemudian memonitori
kelima masyarakat sasaran selama proses kegiatan editing pada tanggal 25 Juli
2020, serta dilanjutkan pada tanggal 26 Juli 2020 yaitu meminta kelima
masyarakat sasaran mengirimkan hasil final editing yang nantinya akan diupload
pada media sosial masing-masing.
Dalam pelaksanaan kegiatan kelima,
saya secara langsung memulai kegiatan editing setelah kegiatan pengambilan
gambar dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 24 juli 2020
yang mana saya menyimpulkan semua hasil pengambilan gambar dengan menggunakan
latar belakang yang berbagai karena menggunakan dedaunan dan bunga. Mengenai
hal itu, saya memberi saran dalam proses editing yang akan dilakukan kelima
masyarakat sararan nanti akan lebih baik jika menggunakan warna-warna yang
solid seperti kuning dan oranye untuk warna yang cerah dan warna hitam untuk
warna yang gelap supaya terlihat sedikit elegan. Kelima masyarakat menerima
saran saya dan memulai proses editing.
Dalam proses editing berlangsung, saya tidak berbicara banyak kembali mengenai cara mengedit produk makanannya karena proses ini sudah saya jelaskan pada video tutorial yang saya buat sebelumnya mengenai cara menggunakan aplikasi Canva (https://youtu.be/ow3n5OWVD14). Saya hanya memonitori kelima masyarakat sasaran jika mengalami kesulitan. Kegiatan berlangsung lancar dan akhirnya bisa terselesaikan selama 2 hari dengan hasil yang sangat bagus dan menarik. Saya menyimpulkan kelima hasil editing berbeda. Secara umum mencantumkan nama produk makanan beserta harganya, namun ada yang mencantumkan kontak pribadinya karena ini sampel pemasaran online dan ada juga yang tidak. Supaya kelima masyarakat sasaran tidak bingung, saya meluruskan itu tidak jadi masalah karena nanti dalam proses pengunggahannya, kontak pribadi bisa dicantumkan pada captionnya, seperti itu. Setelah semua sudah selesai dan jelas, saya meminta hasil final editing yang nanti akan diunggah pada media sosial masing-masing dan juga mengingatkan bahwa kegiatan berikutnya nanti adalah pengunggahannya.