Langkah Akhir Pembuatan Sampel Produk Makanan: Editing Gambar Produk Makanan

Pelaksanaan Kegiatan KMbD Undiksha 2020

Langkah Akhir Pembuatan Sampel Produk Makanan:

Editing Gambar Produk Makanan

 

Dalam pelaksanaan kegiatan KMbD Undiksha 2020, kegiatan kelima dalam pelaksanaan kegiatan KMbD ini merupakan langkah lanjutan pembuatan sampel produk makanan yakni editing gambar produk makanan setelah sebelumnya melakukan pengambilan gambarnya. Kegiatan ini telah dilakukan selama tiga hari terhitung dari tanggal 24 Juli 2020 yaitu memulai proses editing secara langsung dengan memberi sedikit saran atau tips kepada masyarakat sasaran, kemudian memonitori kelima masyarakat sasaran selama proses kegiatan editing pada tanggal 25 Juli 2020, serta dilanjutkan pada tanggal 26 Juli 2020 yaitu meminta kelima masyarakat sasaran mengirimkan hasil final editing yang nantinya akan diupload pada media sosial masing-masing.

            Dalam pelaksanaan kegiatan kelima, saya secara langsung memulai kegiatan editing setelah kegiatan pengambilan gambar dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 24 juli 2020 yang mana saya menyimpulkan semua hasil pengambilan gambar dengan menggunakan latar belakang yang berbagai karena menggunakan dedaunan dan bunga. Mengenai hal itu, saya memberi saran dalam proses editing yang akan dilakukan kelima masyarakat sararan nanti akan lebih baik jika menggunakan warna-warna yang solid seperti kuning dan oranye untuk warna yang cerah dan warna hitam untuk warna yang gelap supaya terlihat sedikit elegan. Kelima masyarakat menerima saran saya dan memulai proses editing.

            Dalam proses editing berlangsung, saya tidak berbicara banyak kembali mengenai cara mengedit produk makanannya karena proses ini sudah saya jelaskan pada video tutorial yang saya buat sebelumnya mengenai cara menggunakan aplikasi Canva (https://youtu.be/ow3n5OWVD14). Saya hanya memonitori kelima masyarakat sasaran jika mengalami kesulitan. Kegiatan berlangsung lancar dan akhirnya bisa terselesaikan selama 2 hari dengan hasil yang sangat bagus dan menarik. Saya menyimpulkan kelima hasil editing berbeda. Secara umum mencantumkan nama produk makanan beserta harganya, namun ada yang mencantumkan kontak pribadinya karena ini sampel pemasaran online dan ada juga yang tidak. Supaya kelima masyarakat sasaran tidak bingung, saya meluruskan itu tidak jadi masalah karena nanti dalam proses pengunggahannya, kontak pribadi bisa dicantumkan pada captionnya, seperti itu. Setelah semua sudah selesai dan jelas, saya meminta hasil final editing yang nanti akan diunggah pada media sosial masing-masing dan juga mengingatkan bahwa kegiatan berikutnya nanti adalah pengunggahannya.

Tentang Penulis