Melakukan evaluasi kegiatan pelatihan menggunakan Google Form kepada masyarakat sasaran

    Pada akhir kegiatan pelatihan dilakukan pemberian angket evaluasi yang dilakukan oleh masyarakat sasaran menggunakan aplikasi google formulir guna mendapatkan informasi mengenai bagaimana kegiatan tersebut terlaksana dari sisi masyarakat sasaran.

Setelah melakukan evaluasi kegiatan dilakukan, didapatkan kesimpulan dari data yang telah diperoleh dengan hasil sebagai berikut :

  • Materi yang disampaikan oleh penulis dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat sasaran, hal ini bisa dilihat dari data statistik pertanyaan kedua yang mengacu pada tingkat pemaham masyarakat sasaran terhadap materi yang diberikan.
  • Terdapat beberapa kendala yang dialami masyarakat sasaran dalam melakukan pelatihan seperti : Koneksi yang cukup sulit menyebabkan susahnya melakukan akses materi pelatihan, waktu pelatihan yang kadang menjadi kendala bagi masyarakat karena terbentur dengan kegiatan/halangan dalam kehidupan yang mereka jalani. Namun karena pelatihannya online hal ini bisa diatasi dengan waktu pelatihan yang fleksibel tentunya bisa dilakukan pagi ataupun malam hari.
  • Masyarakat sasaran memiliki tingkat antusias yang tinggi pada pelatihan yang dilaksanakan, akan tetapi dikarenakan pelatihan yang dilakukan full secara daring masyarakat memberikan saran agar pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara luring dikarenakan materi dan juga praktek yang dilakukan tentunya akan lebih maksimal apabila dilakukan secara luring.

    Dari evaluasi yang dilakukan itulah beberapa hal yang penulis dapat simpulkan dari pelatihan yang telah dilaksanakan ini. Memang dalam pelatihan ini masih terdapat banyak kekurangan namun pelatihan ini setidaknya dapat memberikan manfaat berupa edukasi tambahan mengenai cara-cara melakukan bisnis menggunakan media online yang menjamur pada saat ini. 

Tentang Penulis