Melakukan Pendampingan dan Diskusi Melalui WhatsApp Group

Om Swastyastu,

Senin, 26 Juli 2021

Kegiatan yang saya lakukan pada tanggal tersebut yaitu melaksanakan pendampingan dan diskusi bersama dengan masyarakat sasaran saya di Desa Koripan, Kecamatan Banjarangkan, melalui WhatsApp Group. Dalam diskusi tersebut, saya memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi pembelajaran mengenai huruf Hiragana dan Katakana yang telah saya berikan melalui WhatsApp Group.

Berdasarkan permasalahan masyarakat sasaran yang telah saya paparkan sebelumnya, yang dimana masyarakat sasaran saya belum memahami goresan – goresan yang digunakan pada setiap huruf. Oleh karena itu, saya telah memberikan materi pembelajaran yang berisikan aturan penulisan huruf Jepang, beserta goresan yang digunakan dalam setiap hurufnya. Lalu, adapun tujuan saya melakukan diskusi kepada masyarakat sasaran, adalah untuk melihat sejauh mana masyarakat sasaran saya bisa menerima materi pembelajaran yang saya berikan.

Dalam diskusi tersebut, terlihat masyarakat sasaran sudah dapat menjawab beberapa pertanyaan yang saya berikan terkait dengan aturan penulisan huruf Jepang, beserta goresan dalam setiap huruf yang saya berikan. Dengan demikian, saya dapat menilai bahwa sejauh ini masyarakat sasaran saya telah dapat menerima materi pembelajaran yang saya berikan kepada mereka.

Jumat, 30 Juli 2021

            Kegiatan yang saya lakukan pada hari tersebut adalah melakukan pendampingan sekaligus diskusi terakhir dengan masyarakat sasaran saya di Desa Koripan, Kecamatan Banjarangkan melalui WhatsApp Group. Materi yang dibahas dalam diskusi tersebut adalah mengenai angka dalam Bahasa Jepang, sekaligus penggunaan partikel dalam Bahasa Jepang.

            Pada diskusi tersebut, saya juga memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang saya berikan kepada masyarakat sasaran saya, yang telah saya sesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi masyarakat sasaran dalam pembelajaran daring. Dalam diskusi tersebut, terlihat masyarakat sasaran aktif menjawab beberapa pertanyaan yang saya berikan terkait dengan cara penyebutan angka dalam Bahasa Jepang, dan juga mengenai penggunaan partikel dalam Bahasa Jepang. Selain itu, saya juga telah meminta masyarakat sasaran untuk membuat satu contoh kalimat sederhana dari setiap partikel, kemudian masyarakat sasaran saya juga langsung mengirimkan contoh kalimat yang mereka buat. Sehingga, dalam hal ini saya juga menilai bahwa masyarakat sasaran saya telah dapat menerima materi pembelajaran yang saya berikan.

Terima Kasih

Om Santih, Santih, Santih, Om 

Tentang Penulis