Memberikan Materi Mengenai Angka dalam Bahasa Jepang

Om Swastyastu, 

Rabu, 28 Juli 2021 

Kegiatan yang saya lakukan pada tanggal tersebut yaitu memberikan materi lanjutan mengenai angka dalam bahasa Jepang, sekaligus cara pengucapannya. Materi tersebut saya buat berupa video pembelajaran melalui media animasi Powtoon, yang saya berikan kepada 5 orang siswa SMA yang ada di Desa Koripan, Kecamatan Banjarangkan melalui WhatsApp Group.

Adapun tujuan saya memberikan materi tersebut adalah untuk membantu masyarakat sasaran dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya selama pembelajaran daring, yakni kurang memahami cara membaca angka sekaligus cara menyatakan atau mengucapkan harga dalam Bahasa Jepang. Dalam video pembelajaran tersebut, saya menjelaskan bagaimana cara mengubah dan membaca angka dalam Bahasa Jepang. Selain itu, dalam video pembelajaran tersebut saya juga telah menandai beberapa angka special yang memiliki sedikit perubahan pada bunyinya, sehingga untuk angka - angka special tersebut harus selalu diingat dan dihafalkan.

Kemudian, untuk materi mengenai cara menyatakan harga dalam Bahasa Jepang, saya juga telah memberikan contoh mengenai mata uang yang sering digunakan dan cara mengucapkan harga dari suatu barang. Melalui video pembelajaran yang telah saya buat, saya berharap mampu membantu masyarakat sasaran untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya yaitu tentang cara mengubah dan menyebutkan angka sekaligus menyatakan harga dalam Bahasa Jepang. 

            Untuk video pembelajaran mengenai angka dan harga dalam Bahasa Jepang tersebut saya buat menjadi 3 video singkat. Hal tersebut saya lakukan karena dalam media animasi Powtoon tersebut tidak dapat memuat lebih dari 3 menit untuk 1 video pembelajaran, oleh karena itu saya telah membagi materi mengenai angka dan harga menjadi 3 video pembelajaran, dan telah saya sesuaikan dengan topik pembahasan. Meskipun demikian, masyarakat sasaran saya tidak memiliki masalah akan hal tersebut, sehingga untuk setiap link video pembelajaran yang saya berikan melalui WhatsApp Group sudah dapat diterima oleh masyarakat sasaran. 


Terima Kasih 

Om Santih, Santih, Santih Om 


Link video pembelajaran : 

Part 1 : https://youtu.be/tlWkhGsa6tE 

Part 2 : https://youtu.be/U9oDBsu-R-Q 

Part 3 : https://youtu.be/zLNxxkOG5pM 



Tentang Penulis