Memberikan Materi Mengenai Penggunaan Partikel dalam Bahasa Jepang

Om Swastyastu,

Kamis, 29 Juli 2021

Kegiatan yang saya lakukan pada tanggal tersebut adalah memberikan materi terakhir terkait penggunaan partikel dalam Bahasa Jepang sekaligus dengan contoh kalimatnya, yang saya berikan kepada 5 siswa SMA yang ada di Desa Koripan, Kecamatan Banjarangkan melalui WhatsApp Group. Materi pembelajaran ini juga saya berikan melalui video pembelajaran menggunakan media animasi Powtoon dan bertujuan untuk membantu masyarakat sasaran untuk mengatasi permasalahannya dalam pembelajaran daring.

Partikel dalam Bahasa Jepang dapat dikatakan memiliki persamaan seperti kata bantu dalam Bahasa Indonesia yang tentunya sangat diperlukan sebelum menyusun pola kalimat yang benar. Yang saya ketahui, beberapa partikel dalam Bahasa Jepang tersebut dapat digunakan untuk 1 kegunaan, dan 1 partikel dapat digunakan untuk beberapa penggunaan. Sehingga hal tersebutlah yang membuat masyarakat sasaran merasa sedikit kebingungan tentang penggunaan partikel yang benar dalam Bahasa Jepang.

Melalui video pembelajaran tersebut, saya telah memberikan sedikit penjelasan mengenai penggunaan dari setiap partikel beserta contoh kalimatnya. Selain itu, saya juga telah memberikan informasi kepada masyarakat sasaran saya, bahwa sebelum menyusun kalimat harus dilihat terlebih dahulu apakah kalimat tersebut akan menunjukkan kegiatan yang dilakukan, keberadaan tempat, menandakan kepemilikan dan lain sebagainya.  

Terima Kasih

Om Santih, Santih, Santih Om

Link video pembelajaran : 

Part 1 : https://youtu.be/5sZO4UluEIo  

Part 2 : https://youtu.be/7OA-u8dXBZc 

Tentang Penulis