Mendiskusikan Kendala-Kendala yang Dialami Masyarakat Sasaran Selama Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Online
- Oleh Luh Putu Maylin Sukmadewi
- Wednesday 29/07/2020
- Kelompok 52, Kelompok, Kelompok
Pada
Rabu, 29 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan diskusi bersama masyarakat
sasaran melalui WhatsApp Group, adapun tujuan dari kegiatan diskusi
kali ini yaitu untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami masyarakat sasaran
selama menggunakan aplikasi pembelajaran online Zenius, Ruangguru, dan Quizizz sebagai
bahan evaluasi kegiatan KMbD. Adapun hasil diskusi sebagai berikut.
Masyarakat sasaran 1
(Ni Putu Eka Marlina Wati), memiliki kendala kurangnya waktu saat menggunakan
aplikasi pembelajaran online karena sudah memasuki kegiatan pembelajaran daring
dari sekolah yang cukup padat.
Masyarakat sasaran 2
(Ni Made Dwi Juniari Putri Lestari), memiliki kendala sinyal ponsel yang
terkadang hilang sehingga saat sedang menggunakan aplikasi pembelajaran online membuat
aplikasi menjadi macet.
Masyarakat sasaran 3
(Made Kirana Sita Devi), memiliki kendala gangguan sinyal yang membuat saat
menggunakan aplikasi pembelajaran online menjadi macet, lalu aplikasi Ruangguru
memiliki ruang yang cukup besar sehingga membuat memori ponsel menjadi
penuh.
Masyarakat sasaran 4
(Anak Agung Dinda Paramesti Maharani), memiliki kendala sinyal ponsel yang
terkadang mengalami gangguan, lalu ada gangguan lainnya yang membuat kurang
fokus saat belajar menggunakan aplikasi pembelajaran online.
Masyarakat sasaran 5
(Nur Eliza Anggraini), memiliki kendala yaitu terkadang aplikasi pembelajaran
online macet saat digunakan sehingga membuat kurang fokus saat belajar.
Berdasarkan hasil diskusi yang membahas kendala-kendala
saat menggunakan aplikasi pembelajaran online, dapat disimpulkan bahwa tidak
terlalu banyak kendala saat menggunakan aplikasi pembelajaran online, hanya
terdapat kendala utama yaitu berupa gangguan sinyal yang membuat penggunaan aplikasi
pembelajaran online menjadi kurang lancar. Lalu solusi yang diberikan tidak
terlalu banyak, mengingat hal tersebut terjadi tergantung sinyal dan ponsel
masing-masing, akan tetapi saran yang dapat diberikan dari kendala tersebut
yaitu dengan melalukan restart ponsel jika aplikasi mengalami macet ataupun
gangguan. Selanjutnya output yang diharapkan dari kegiatan diskusi kali ini
yaitu dapat mengetahui kendala-kendala yang dialami masyarakat sasaran saat
menggunakan aplikasi pembelajaran online kemudian memberikan solusinya, lalu berdasarkan
hasil kegiatan output yang diharapkan sudah tercapai dengan baik. Kemudian selama
kegiatan diskusi berlangsung masyarakat sasaran telah memberikan tanggapan yang
baik dan jujur sesuai dengan apa yang dialami. Jadi secara keseluruhan kegiatan
sudah berjalan dengan baik dan lancar.