Mendiskusikan Kendala-Kendala yang Dialami Masyarakat Sasaran Selama Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Online

Pada Rabu, 29 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan diskusi bersama masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group, adapun tujuan dari kegiatan diskusi kali ini yaitu untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami masyarakat sasaran selama menggunakan aplikasi pembelajaran online Zenius, Ruangguru, dan Quizizz sebagai bahan evaluasi kegiatan KMbD. Adapun hasil diskusi sebagai berikut.

Masyarakat sasaran 1 (Ni Putu Eka Marlina Wati), memiliki kendala kurangnya waktu saat menggunakan aplikasi pembelajaran online karena sudah memasuki kegiatan pembelajaran daring dari sekolah yang cukup padat.

Masyarakat sasaran 2 (Ni Made Dwi Juniari Putri Lestari), memiliki kendala sinyal ponsel yang terkadang hilang sehingga saat sedang menggunakan aplikasi pembelajaran online membuat aplikasi menjadi macet.

Masyarakat sasaran 3 (Made Kirana Sita Devi), memiliki kendala gangguan sinyal yang membuat saat menggunakan aplikasi pembelajaran online menjadi macet, lalu aplikasi Ruangguru memiliki ruang yang cukup besar sehingga membuat memori ponsel menjadi penuh.

Masyarakat sasaran 4 (Anak Agung Dinda Paramesti Maharani), memiliki kendala sinyal ponsel yang terkadang mengalami gangguan, lalu ada gangguan lainnya yang membuat kurang fokus saat belajar menggunakan aplikasi pembelajaran online.

Masyarakat sasaran 5 (Nur Eliza Anggraini), memiliki kendala yaitu terkadang aplikasi pembelajaran online macet saat digunakan sehingga membuat kurang fokus saat belajar.

            Berdasarkan hasil diskusi yang membahas kendala-kendala saat menggunakan aplikasi pembelajaran online, dapat disimpulkan bahwa tidak terlalu banyak kendala saat menggunakan aplikasi pembelajaran online, hanya terdapat kendala utama yaitu berupa gangguan sinyal yang membuat penggunaan aplikasi pembelajaran online menjadi kurang lancar. Lalu solusi yang diberikan tidak terlalu banyak, mengingat hal tersebut terjadi tergantung sinyal dan ponsel masing-masing, akan tetapi saran yang dapat diberikan dari kendala tersebut yaitu dengan melalukan restart ponsel jika aplikasi mengalami macet ataupun gangguan. Selanjutnya output yang diharapkan dari kegiatan diskusi kali ini yaitu dapat mengetahui kendala-kendala yang dialami masyarakat sasaran saat menggunakan aplikasi pembelajaran online kemudian memberikan solusinya, lalu berdasarkan hasil kegiatan output yang diharapkan sudah tercapai dengan baik. Kemudian selama kegiatan diskusi berlangsung masyarakat sasaran telah memberikan tanggapan yang baik dan jujur sesuai dengan apa yang dialami. Jadi secara keseluruhan kegiatan sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Tentang Penulis