Mengajarkan Masyarakat Sasaran Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Online Quizizz
- Oleh Luh Putu Maylin Sukmadewi
- Wednesday 22/07/2020
- Kelompok 52, Kelompok, Kelompok
Pada
Rabu, 22 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan diskusi dengan masyarakat
sasaran melalui Google Meet. Adapun
diskusi kali ini dilakukan bertujuan untuk membimbing dan mengajarkan masyarakat
sasaran untuk menggunakan aplikasi pembelajaran online Quizizz sebagai referensi aplikasi pembelajaran online yang
terakhir. Diskusi dilakukan melalui Google
Meet agar lebih mudah untuk mengajarkan masyarakat sasaran karena dapat bertatap
muka langsung walaupun dari media komunikasi online. Adapun yang diajarkan
kepada masyarakat sasaran meliputi :
Pertama, mengajarkan
masyarakat sasaran untuk mengunduh aplikasi Quizizz
- Aplikasi
Quizizz dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store
Kedua, mengajarkan
masyarakat sasaran untuk mendaftar akun Quizizz,
adapun langkah-langkahnya yaitu :
- Buka aplikasi Quizizz
- Pada menu beranda pilih daftar, daftar dapat
dilakukan dengan memasukkan akun google atau
daftar dengan email, kemudian pilih
selanjutnya
- Pilih jenis pengguna, apakah mahasiswa,
guru, ataupun siswa.
- Kemudian isi detail akun meliputi nama
lengkap dan kata sandi, lalu klik lanjutkan
- Setelah itu buka kembali menu beranda dan
pilih masuk untuk login di Quizizz dengan mengisi email dan kata sandi yang telah dibuat
sebelumnya
- Akun sudah terdaftar dan siap belajar
bersama Quizizz
Ketiga, mengajarkan
masyarakat sasaran menggunakan aplikasi Quizizz,
yaitu :
- Menjelaskan
menu-menu yang tersedia di Quizizz,
meliputi beranda, masukkan kode, pencarian, aktivitas dan pengaturan
- Menjelaskan
bagaimana sistem belajar di Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi pembelajaran
online yang dikemas dalam bentuk permainan kuis interaktif, para siswa dapat
belajar dengan menjawab kuis-kuis yang tersedia di beranda Quizizz ataupun dapat memilih kuisnya sesuai materi pembelajaran yang
diinginkan dengan mencari pada menu pencarian. Kuis pembelajaran interaktif di Quizizz dikemas dengan menyenangkan dengan
tujuan belajar sambil bermain, kuis yang tersedia dalam bentuk pilihan ganda yang
berisi skor dan peringkat, apabila jawaban benar maka akan mendapatkan skor
lalu peringkat akan naik dan sebaliknya jika jawaban salah maka peringkat bisa
turun, selain itu selama menjawab soal juga terdapat waktu pengerjaan sehingga
akan memacu semangat siswa agar dapat menjawab soal dengan cepat dan benar.
Output
yang diharapkan pada kegiatan diskusi kali ini yaitu masyarakat sasaran dapat
mengunduh dan menggunakan aplikasi pembelajaran online Quizizz. Selama diskusi berlangsung masyarakat sasaran terlihat
antusias saat diajarkan menggunakan aplikasi Quizizz dan mudah memahami apa yang diajarkan. Masyarakat sasaran
juga sudah berhasil mengunduh dan menggunakan aplikasi Quizizz sehingga output yang diharapkan sudah tercapai dengan baik.
Selama diskusi berlangsung terdapat kendala berupa gangguan sinyal yang membuat
gambar dan suara menjadi kurang jelas, tetapi diskusi masih tetap bisa
berjalan. Lalu tanggapan masyarakat sasaran selama diskusi sudah baik, dimana
masyarakat sasaran aktif bertanya saat ada yang kurang jelas dan mengikuti apa
yang dijelaskan tanpa ada yang merasa keberatan. Jadi secara keseluruhan diskusi
sudah berjalan dengan baik.