Mengajarkan Masyarakat Sasaran Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Online Quizizz

Pada Rabu, 22 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan diskusi dengan masyarakat sasaran melalui Google Meet. Adapun diskusi kali ini dilakukan bertujuan untuk membimbing dan mengajarkan masyarakat sasaran untuk menggunakan aplikasi pembelajaran online Quizizz sebagai referensi aplikasi pembelajaran online yang terakhir. Diskusi dilakukan melalui Google Meet agar lebih mudah untuk mengajarkan masyarakat sasaran karena dapat bertatap muka langsung walaupun dari media komunikasi online. Adapun yang diajarkan kepada masyarakat sasaran meliputi :

Pertama, mengajarkan masyarakat sasaran untuk mengunduh aplikasi Quizizz

-       Aplikasi Quizizz dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store

Kedua, mengajarkan masyarakat sasaran untuk mendaftar akun Quizizz, adapun langkah-langkahnya yaitu :

-    Buka aplikasi Quizizz

-    Pada menu beranda pilih daftar, daftar dapat dilakukan dengan memasukkan akun google atau daftar dengan email, kemudian pilih selanjutnya

-    Pilih jenis pengguna, apakah mahasiswa, guru, ataupun siswa.

-    Kemudian isi detail akun meliputi nama lengkap dan kata sandi, lalu klik lanjutkan

-    Setelah itu buka kembali menu beranda dan pilih masuk untuk login di Quizizz dengan mengisi email dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya

-    Akun sudah terdaftar dan siap belajar bersama Quizizz

Ketiga, mengajarkan masyarakat sasaran menggunakan aplikasi Quizizz, yaitu :

-    Menjelaskan menu-menu yang tersedia di Quizizz, meliputi beranda, masukkan kode, pencarian, aktivitas dan pengaturan

-    Menjelaskan bagaimana sistem belajar di Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi pembelajaran online yang dikemas dalam bentuk permainan kuis interaktif, para siswa dapat belajar dengan menjawab kuis-kuis yang tersedia di beranda Quizizz ataupun dapat memilih kuisnya sesuai materi pembelajaran yang diinginkan dengan mencari pada menu pencarian. Kuis pembelajaran interaktif di Quizizz dikemas dengan menyenangkan dengan tujuan belajar sambil bermain, kuis yang tersedia dalam bentuk pilihan ganda yang berisi skor dan peringkat, apabila jawaban benar maka akan mendapatkan skor lalu peringkat akan naik dan sebaliknya jika jawaban salah maka peringkat bisa turun, selain itu selama menjawab soal juga terdapat waktu pengerjaan sehingga akan memacu semangat siswa agar dapat menjawab soal dengan cepat dan benar.

Output yang diharapkan pada kegiatan diskusi kali ini yaitu masyarakat sasaran dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi pembelajaran online Quizizz. Selama diskusi berlangsung masyarakat sasaran terlihat antusias saat diajarkan menggunakan aplikasi Quizizz dan mudah memahami apa yang diajarkan. Masyarakat sasaran juga sudah berhasil mengunduh dan menggunakan aplikasi Quizizz sehingga output yang diharapkan sudah tercapai dengan baik. Selama diskusi berlangsung terdapat kendala berupa gangguan sinyal yang membuat gambar dan suara menjadi kurang jelas, tetapi diskusi masih tetap bisa berjalan. Lalu tanggapan masyarakat sasaran selama diskusi sudah baik, dimana masyarakat sasaran aktif bertanya saat ada yang kurang jelas dan mengikuti apa yang dijelaskan tanpa ada yang merasa keberatan. Jadi secara keseluruhan diskusi sudah berjalan dengan baik.

Tentang Penulis