Pelaksanaan Manajemen Finansial dengan menggunakan Aplikasi Dompetku

#5 Pelaksanaan Manajemen Finansial dengan menggunakan Aplikasi

Tahapan kelima pelaksanaan KKNbD dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Juli – Jumat, 30  Juli 2021.

Tahapan kelima yaitu Pelaksanaan Pencatatan Keuangan Keluarga dengan Aplikasi.

 

Kegiatan ini dilakukan oleh saya sebagai mahasiswa pelaksana KKNbD 2021 Universitas Pendidikan Ganesha dan 5 orang masyarakat sasaran yang merupakan pengelola keuangan keluarga.

Dalam tahapan kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bersama masyarakat sasaran. Kegiatan ini diawali dengan membantu masyarakat sasaran untuk mendownload aplikasi dompetku pada smartphone masyarakat sasaran. Dihari berikutnya dilakukan pelatihan pencatatan transaksi dengan aplikasi ini. Dan selanjutnya adalah pelaksanaan pencatatan transaksi. 

Dalam kegiatan ini terdiri dari :

a. (Minggu, 18 Juli 2021) Masyarakat sasaran mendownload aplikasi Dompetku pada smartphone masing-masing

b. (Senin, 19 Juli 2021-Selasa, 20 Juli 2021) Memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Dompetku kepada masyarakat sasaran.

c. (Rabu 21 Juli 2021- Jumat, 30 Juli 2021) Masyarakat sasaran akan mencatat setiap transaksi dalam keluarga sehingga dapat diketahui pengeluaran perharinya, sehingga dari sana diharapkan agar pengeluaran keuangan keluarga lebih terkendali dan transparan. 

Kegiatan ini dilakukan dengan menuju ke rumah masyarakat sasaran dengan tujuan memastikan masyarakt sasaran tetap melakukan pencatatan, dan dilakukan diskusi apabila masyarakat sasaran ada yang ingin ditanyakan.

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini pengelolaan keuangan keluarga lebih terorganisir dan juga penggunaan aplikasi ini dapat digunakan berkelanjutan