PELATIHAN DAN PENDAMPIANGAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA KEPADA MITRA SERTA MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP KEGIATAN

Pada minggu keempat pelaksanaan KKNbD mahasiswa melakukan pelatihan penggunaan media sosial untuk melakukan pemasaran online. Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan video penggunaan fitur-fitur media sosial, namun sebelum membuat video, mahasiswa terlebih dahulu memeperiapkan materi maupun pembahasan yang akan disampaikan dalam video. Persiapan materi dan pembahasan ini dilakukan mahasiswa dengan memahami kembali langkah-langkah penggunaan media sosiall yang tepat dengan membaca pada web maupun menonton video yang ada di YouTube. Setelah mahasiswa memahami dan mencoba untuk mengaplikasikannya, maka mahasiswa mulai melakukan perekaman. Perekaman ini mahasiswa lakukan dengan merekam layar ponsel mahasiswa. Kemudia melakukan sedikit editing dan terakhir meng-upload video tersebut pada akun YouTube pribadi mahasiswa.

Kemudian, pada Kamis 29 Juli 2021, mahasiswa memberikan link video pelatihan tersebut kepada masyarakat sasaran. Link video tersebut dapat diakses pada : https://youtu.be/wR0FfmmZ0PI

Setelah memberikan link video, mahasiswa melakukan pendampingan pada masyarakat sasaran terkait kendala maupun pertanyaan yang dimiliki oleh masyarakat sasaran. Pendampingan ini mahasiswa lakukan selama 3 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 29 sampai dengan 31 Juli 2021.

Untuk evaluasi kegiatan KKNbD dilakukan dengan menyebarkan link Google Form kepada masyarakat sasaran. Adapun tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan kegiatan ini telah memberikan manfaat seperet pemahaman masyarakat terhadap penggunaan media sosial. Berdasarkan hasil evaluasi, mahasiswa mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat sasaran terkait pelaksanaan yang telah dilakukan.

Tentang Penulis