Pemberian Materi "Cara Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Online" dan Pemberian Informasi Awal Mengenai Materi Bahasa Inggris yang Akan di Pelajari
- Oleh Made Astitiani
- Saturday 11/07/2020
- Kelompok 31, Kelompok, Kelompok
Sesuai dengan jadwal kegiatan pada proposal KMbD yang telah disusun, pada hari ini Sabtu, 11 Juli 2020 adalah hari terakhir pemberian materi pada minggu pertama. Pada hari ini ada dua kegiatan yang dilakukan, yaitu pemberian materi berupa gambar tentang cara atau tutorial menggunakan aplikasi pembelajaran online yang terdiri dari Quizlet, Schoology, dan Google Meet. Pemberian materi dilakukan di grup WhatsApp kepada masyarakat sasaran yang merupakan siswa SMA dan SMK di Desa Gerokgak. Disetiap aplikasi dijelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi pembelajaran online dari tahap pembuatan akun sampai cara mengoperasikannya. Selain itu pemberian materi juga disertai gambar-gambar yang berkaitan dengan aplikasi seperti tampilan menu disetiap aplikasinya. Hal ini bertujuan agar masyarakat sasaran mudah mengerti dan paham mengenai cara menggunakannya. Setelah pemberian materi, saya memberikan waktu sekitar 20 menit kepada masyarakat sasaran untuk membaca dan memahami materi yang saya berikan. Kemudian saya melakukan sesi tanya jawab berkaitan dengan materi tadi. Ada dua orang masyarakat sasaran yang memiliki pertanyaan mengenai Quizlet dan Google Meet. Pertanyaan pertama adalah "Apakah yang dimaksud dengan set pada aplikasi Quizlet" dan pertanyaan kedua adalah "Apakah ada batasan pengguna pada saat melakukan percakapan online via Google Meet". Dari kedua pertanyaan tersebut, saya bisa menjawab keduanya dan masyarakat sasaran merasa puas dan mengerti dengan jawaban saya. Setelah sesi diskusi mengenai materi pertama, saya melanjutkan kegiatan kedua yaitu pemberian informasi awal mengenai materi-materi Bahasa Inggris apa saja yang akan dipelajari selama KMbD berlangsung. Sesuai dengan jadwal kegiatan pada proposal projek KMbD, dari minggu kedua sampai minggu keempat akan diberikan materi Bahasa Inggris yang berbasis empat kemampuan yaitu reading (membaca), writing (menulis), listening (mendengar), dan speaking (berbicara). Tujuan dari pemberian materi ini agar siswa mengetahui secara garis besar kegiatan yang akan dilakukan dan mereka bisa mempersiapkan diri masing-masing. Setelah pemberian dua materi tersebut saya menutup diskusi pada hari ini dan akan melanjutkan program kerja saya pada hari berikutnya di minggu kedua.