Pemberian Materi dan Latihan Soal Untuk Meningkatkan Vocabulary Siswa

Setelah melakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam kosa kata (vocabulary), dilanjutkan dengan pemberian materi berupa teks singkat dilengkapi 10 soal mengenai kosa kata yang terdapat dalam teks.

5 soal pertama mengenai sinonim dan antonim. Siswa diwajibkan memilih satu jawaban yang paling tepat, dilengkapi dengan alasan memilih jawaban tersebut, dan arti dari masing-masing opsi dalam Bahasa Indonesia. Sehingga siswa tidak hanya asal menjawab namun mengetahui arti dari semua kosa kata yang ada sebelum menjawab soal. 5 soal selanjutnya menggunakan metode clustering, yang mana siswa dijawibkan mengelompokkan dan mengembangkan kata berdasar topik yang sudah tersedia, siswa diharuskan mencari kata-kata tersebut dalam teks. Sehingga, siswa mengetahui lebih banyak kosa kata, mampu mengambangkan dan mengelompokkannya berdasarkan topik yang ada.


Tentang Penulis