Pembuatan dan Penguploadan Video Tutorial Penggunaan Quizizz dan Pengenalan Aplikasi atau Platform Quizizz untuk Guru-Guru di SD Negeri No.5 Ungasan

Kamis, 15 Juli 2021, telah dibuat dan diselesaikan satu video tutorial yang akan menjadi materi untuk masyarakat sasaran, yakni guru-guru di SD Negeri 5 Ungasan, Kuta Selatan. Materi tersebut berupa video tutorial menggunakan platform Quizizz sebagai salah satu media pembelajaran berbentuk kuis yang menarik dan menyenangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran daring, khususnya bagi siswa SD yang menyukai permainan. Video tutorial tersebut berdurasi 23 menit dan dibuat seperinci mungkin agar guru-guru yang menyaksikan video tersebut dapat memahami setiap langkah dalam memanfaatkan platform Quizizz. Video ini terdiri dari pembuatan akun, membuat kuis, mengatur kuis sebelum dibagikan pada siswa dan membagikan kuis dalam bentuk tugas atau pekerjaan rumah bagi siswa. Diharapkan video ini mampu dipahami dan dipraktikkan dengan baik oleh guru. 

Selain pembuatan video Tutorial Penggunaan Quizizz, pada Sabtu, 17 Juli 2021 telah diselesaikan pula pembuatan video Pengenalan Aplikasi atau Platform Quizizz dan diupload pada YouTube. Video ini adalah pengenalan awal bagi guru-guru SD Negeri No.5 Ungasan mengenai Quizizz. Hal yang dibahas dalam video ini diantaranya adalah pengertian Quizizz menurut para ahli dan manfaat yang didapat dari penggunaan Quizizz dalam pembelajaran di kelas. Video Pengenalan Aplikasi atau Platform Quizizz berdurasi pendek, sekitar 3 menit. Dengan guru-guru menonton video ini, diharapkan wawasan mengenai Quizizz semain bertambah dan memunculkan katertarikan untuk mempelajari serta menggunakan Quizizz dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Adapun tantangan yang dialami selama pembuatan video ini adalah pelaksana KKNbD yakni mahasiswa (Ni Putu Listya Devi) sendiri tidak pernah sebelumnya menggunakan platform Quizizz, sehingga mahasiswa (Ni Putu Listya Devi) harus belajar terlebih dahulu cara menggunakan Quizizz. Meskipun demikian, setelah belajar menggunakan Quizizz, mahasiswa (Ni Putu Listya Devi) dapat membuat video tutorial dengan lancar. Selain itu, tantangan lainnya adalah video Tutorial Penggunaan Quizizz berdurasi cukup lama, sehingga saat melakukan rendering setelah editing memerlukan waktu yang lumayan lama. Dalam pembuatan video juga digunakan beberapa perangkat diantaranya 1 buah leptop dan 2 handphone. Selain perangkat, software yang digunakan dalam membuat 2 video ini terdiri dari, Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Filmora, OBS, dan Google Chrome.

Link Video Tutorial Penggunaan Quizizz : https://youtu.be/qfk-yQWzkas

Link Video Pengenalan Aplikasi atau Platform Quizizz: https://youtu.be/L7Hja8wdoAo