Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif dan Penggunaan Zoom Meeting

Pada minggu keempat, kegiatan yang lebih ditekankan adalah mendampingi masyarakat sasaran dalam membuat media pembelajaran powerpoint interaktif hingga selesai. Pendampingan pembuatan media pembelajaran powerpoint interaktif telah dilaksanakan selama lima hari dengan sistem semi daring. Hari pertama pendampingan dengan masyarakat sasaran dilaksanakan secara daring melalui group WhatsApp pada hari Senin (26/07/2021). Diskusi melalui group WhatsApp tersebut berlangsung selama 2 jam 30 menit. Telah ditemukan beberapa kendala yang dihadapi masyarakat sasaran dalam proses pembuatan media pembelajaran powerpoint interaktif, salah satunya pemberian animasi. Beberapa dari masyarakat sasaran masih kebingungan dalam memberikan animasi terkait gambar, tulisan, ataupun objek lainnya dalam slide powerpoint. Di sisi lain, ada pula yang masih bingung terkait pemberian hyperlink. Meskipun video tutorial telah diberikan sebelumnya saat pelatihan, namun penjelasan tetap diberikan oleh penulis berupa foto yang disertai dengan caption untuk memperjelas hal – hal yang memang masih belum dipahami atau masih membuat bingung masyarakat sasaran. Sehingga dengan penjelasan demikian, setidaknya mampu membantu masyarakat sasaran dalam mengatasi kendala atau permasalahan yang dihadapi dan dapat melanjutkan proses pembuatan media pembelajaran powerpoint interaktif.

Kegiatan pendampingan selanjutnya dilaksanakan secara luring di SD Negeri 2 Aan, yang menyesuaikan dengan jadwal piket dari masing – masing guru (masyarakat sasaran) yakni hari Rabu (2 orang masyarakat sasaran) dan Kamis (3 orang masyarakat sasaran). Pada hari Rabu (28/07/2021), kegiatan pendampingan hanya dilakukan bersama dengan 1 orang masyarakat sasaran, dikarenakan satu orang masyarakat sasaran lainnya berhalangan hadir. Sedangkan pada hari Kamis (29/07/2021), kegiatan pendampingan hanya dilakukan bersama dengan 2 orang masyarakat sasaran, dikarenakan satu orang masyarakat sasaran lainnya juga berhalangan hadir. Sehingga kegiatan pendampingan dilanjutkan pada hari Jumat dan Sabtu agar semua masyarakat sasaran mendapatkan perlakuan yang sama dengan lainnya, sekaligus mempererat keakrabab dengan masyarakat sasaran. Pendampingan yang dilakukan selama 4 hari secara luring di SD Negeri 2 Aan yakni memberikan solusi terkait kendala yang dihadapi masyarakat sasaran dalam membuat media pembelajaran powerpoint interkatif, seperti pemberian animasi, hyperlink, menambahkan gambar atau foto, merekam suara, pengubahan bentuk video audio visual, dan lainnya hingga media pembelajaran yang dibuat selesai.

Setelah media pembelajaran powerpoint interaktif dari masing – masing masyarakat sasaran selesai, penulis kembali mendampingi masyarakat sasaran pada hari yang sama dalam mencoba menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif tersebut dengan menggunakan aplikasi zoom. Pendampingan yang diberikan yakni pengenalan terkait fitur – fitur yang terdapat dalam zoom meeting, mulai dari tahap awal membuat room zoom meeting, membagikan link zoom meeting, mencoba fitur share screen untuk menampilkan powepoint interaktif, record, hingga mengakhiri zoom meeting. Kegiatan pendampingan ini tentu bertujuan untuk membantu masyarakat sasaran dalam memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi dalam proses pembuatan dan penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif. Sehingga masyarakat sasaran lebih mudah memahami dan mampu mengikuti setiap langkahnya dengan baik. Kegiatan pendampingan secara luring ini, tentunya dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

Tentang Penulis