Pretest Speaking melalui Google Meet serta Diskusi bersama Masyarakat Sasaran (Hari 1 dan 2 KMbD)

  KINTAMANI-Program ini diawali dengan pembuatan grup whatsapp bersama masyarakat sasaran serta menginformasikan program yang akan dilaksanakan selama KMbD. Grup whatsapp telah terbentuk sejak 29 Mei 2020 dan telah menginformasikan program yang akan dilaksanakan berupa pelatihan speaking untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Masyarakat sasaran program ini yakni 8 orang siswa SMA yang terdampak COVID. Dari 8 orang siswa SMA ini, 6 diantaranya berasal dari Kintamani, sedangkan 2 lainnya berasal dari Kubutambahan dan Penebel. Respon yang ditujukan oleh masyarakat sasaran sangat bagus dan sangat antusias dengan program ini.

    6 Juli 2020 adalah hari pertama pelaksanaan program KMbD. Saya melaksanakan pretest untuk mengetahui kemampuan awal dari masyarakat sasaran. Pre-test yang dilakukan berupa tanya jawab spontan dengan pertanyaan yang sederhana. Untuk pretest hari ini, dari 8 orang masyarakat sasaran yang berhasil turut serta hanya 5 orang sedangkan 3 lainnya mengalami masalah koneksi sehingga tidak bisa hadir. Akan tetapi informasi selama meeting tetap disampaikan kembali melalui grup whatsapp agar seluruh peserta tetap mengetahui informasi. Kendala saat melaksanakan program adalah koneksi internet yang kurang bagus sehingga membuat kami sedikit terganggu. Akan tetapi hal ini tidak membuat gagalnya kegiatan, sebab pretest dapat berlangsung dengan baik. Pertemuan kali ini berlangsung kurang lebih 1 jam 30 menit meliputi pretest dan  berbagi pengalaman. Kegiatan ditutup dengan awarding yakni pemilihan pembiacara dan komentator terbaik. Sehingga untuk meningkatkan motivasi mereka, selanjutnya akan diadakan pemilihan pembicara dan komentator terbaik. 

Berikut cuplikan video dari kegiatan hari pertama

https://drive.google.com/file/d/1WGhHkhNTJviR7Y49gLJ4e5oaW3p5_D74/view?usp=sharing

   Pada hari kedua, 7 Juli 2020, program dilanjutkan dengan diskusi mengenai descriptive text. Setelah mendapatkan informasi melalui instagram mereka membuat sebuah paragraf descriptive text lalu merekam suara mereka lalu dikirimkan di grup whatsapp. Tak lupa, mereka saling memberikan komentar kepada peserta lain sehingga saling memberikan masukan untuk kebaikan bersama. Setelah seluruh masyarakat sasaran mengirimkan karya mereka, saya memberikan kritik dan saran yang membangun sehingga bisa membuat mereka lebih baik kedepannya. Secara keseluruhan telah terjadi peningkatan rasa percaya diri peserta meskipun masih ada aspek-aspek yang perlu diperbaiki untuk lebih lancar dalam bahasa Inggris. Hasil dari teks dan voice note yang telah dikumpulkan  menjadi arsip sebagai acuan untuk pemilihan best speaker of the week dan best commentator of the week untuk meningkatkan semangat dari masyarakat sasaran.

Berikut link akun instagram untuk memberikan materi kepada peserta

https://www.instagram.com/p/CCTjAweBuSz/?utm_source=ig_web_button_share_sheetS

erta berikut salah satu contoh latihan hari ini

https://drive.google.com/file/d/1--ZXir9yPD-SksVYaItKiKzH7awSoc6g/view?usp=drivesdk






Tentang Penulis