PROSES PENGOLAHAN IKAN LELE MENJADI KERUPUK UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL
- Oleh Siluh Made Maria Theresia Putri Puspitha
- Friday 23/07/2021
- Kelompok 248, Kelompok, Kelompok
Pada
hari Senin, 19 Juli 2021 dilakukan proses pengolahan ikan lele menjadi produk
krupuk guna meningkatkan nilai jual ikan lele. Krupuk merupakan makanan ringan
yang sering dikonsumsi masyarakat dan bisa dikategorikan sebagai makanan
pelengkap bersama nasi. Kerupuk lele merupakan olahan kerupuk yang memiliki
kandungan tinggi protein, omega 3 dan phosphor. Disamping memiliki banyak
manfaat bagi tubuh, kerupuk ikan lele juga memiliki rasa yang lezat sehingga
memiliki potensi tinggi untuk dijadikan usaha yang menjanjikan. Usaha kerupuk
ikan lele merupakan pilihan usaha yang terbilang menjanjikan karena terbilang
sangat protektif, disukai banyak orang, membutuhkan modal yang sedikit,
pengolahan yang mudah, pemasaran dapat menjangkau seluruh kalangan, dan dapat
melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan.
Pada
pembuatan kerupuk lele ini, memerlukan beberapa bahan yaitu : tepung tapioca,
bumbu, telur, air, dan daging lele. Proses pembuatannya dimulai dari
membersihkan ikan lele agar tidak menimbulkan bau amis, pada pengolahan kali
ini menggunakan seluruh bagian ikan lele mulai dari kepala, danging dan tulangnya.
Bagian ikan lele yang terbuang hanya bagian isi perut dan insangnya, tapi harus
dicuci hingga bersih menggunakann air jeruk. Ikan lele yang sudah dibersihkan
diblender hingga halus, kemudian dicampur dengan tepung tapioca, bumbu dan
telur dengan rasio daging dan tepung 0,5 : 1. Setelah adonan kalis, letakan
adonan pada cetakan kemudian kukus selama 20-30 menit. Adonan yang sudah matang
dimasukan kedalam kulkas sampai dingin, adonan yang sudah dingin dipotong
tipis-tipis dan dijemur dibawah sinar matahari. Setelah kering kerupuk siap
digoreng dan dikemas pada kemasan standing
pounch.
Resep
krupuk lele dapat dikreasikan sendiri dengan menambahkan cita rasa lain untuk
menarik konsumen dan menambah jenis rasa. Setelah proses pengemasan selesai,
proses selanjutnya yaitu proses pemasaran. Dalam proses pemasaran ini, dapat
menggunakan beberapa market place
seperti shopee, tokopedia, bukalapak atau menggunakan media sosial seperti
whatsapp, instagram, facebook dan sebagainya untuk meningkatkan pemasaran.