Strategi Promosi Secara Online

Pada tanggal 25 Juli 2021, penulis memberikan materi pelatihan terhadap masyarakat sasaran tentang Strategi Pemasaran secara Online.

Berbicara soal bisnis online yang kian menjamur, kamu sebagai calon pebisnis online bisa memanfaatkan semua media sosial untuk memasarkan produk andalanmu. Sebab, hampir semua orang kini punya akun media sosial sehingga lebih mudah bagi kamu untuk mengenalkan sebuah produk, minimal dalam lingkaran pertemanan yang ada.

reseller jualan sayur buah online Untuk para pebisnis kecil dan menengah yang masih pemula, simak beberapa strategi promosi bisnis online dengan media sosial berikut ini

1. Ketahui target konsumen

Pertama-tama, ketahui dulu target pasar yang ingin dibidik, apakah orang dewasa, anak muda, perempuan atau ibu-ibu. Supaya lebih mudah, sesuaikan dengan produk yang dijual. Hal ini


bertujuan agar lebih banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Kamu juga bisa membuat group chat di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan lain sebagainya. Namai group chat tersebut dengan tema khusus, misalnya grup ‘daging impor’, ‘telur bebek brebes murah’ dan lain sebagainya. Biasanya, grup dengan nama khusus tersebut akan lebih mudah diterima masyarakat karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Buat status yang menarik

Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis dalam mempromosikan produk kamu. Caranya hanya dengan membuat pengingat promo menggunakan status yang diinginkan. Ingat, status yang dibuat harus semenarik mungkin supaya banyak orang yang like dan share status yang kamu buat. Semakin banyak orang yang share status tersebut, semakin banyak pula orang yang akan mengenal bisnis online yang kamu jalankan.

Status yang menarik adalah yang singkat tapi berisi. Kata-kata tersebut harus memuat informasi yang mewakili produk yang dijual. Meski begitu, jangan buat status yang mengandung unsur SARA sebab hal ini bisa menghancurkan bisnis milikmu. Buatlah status yang berpotensi viral, misalnya dengan menyelipkan unsur humoris di dalamnya.

3. Gunakan hashtag

Dalam setiap postingan di media sosial, jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Hashtag sangat berguna untuk membuat orang mudah mencari produk yang diinginkan di media sosial. Gunakan hashtag yang spesifik, misalnya #JerukMedanMurah atau #JualTelurMurah. Hashtag tersebut bisa kamu sisipkan di bagian bawah status di media sosial.

4. Berikan respon yang cepat

Sebagai seorang penjual, kamu harus bertindak responsif. Jika ada calon konsumen yang bertanya mengenai produk, usahakan untuk memberikan respon yang cepat. Sebab, calon konsumen yang tidak sabar bisa saja memilih online shop lain. Maka dari itu, pastikan kamu selalu meng-update media sosial agar tidak kehilangan banyak pelanggan.

5. Update foto profil

Supaya lebih meyakinkan konsumen, update foto profil di media sosial secara berkala. Misalnya dua minggu sekali. Gunakan foto produk yang berkualitas baik supaya orang tertarik dengan produk yang dijajakan. Khusus untuk Facebook, jangan lupa untuk turut serta mengganti cover profil dengan gambar terbaru yang lebih kekinian.

6. Bangun komunikasi yang baik


Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Caranya bisa dimulai dengan menanyakan apakah produk yang dibeli sudah sampai atau belum. Jika nyatanya sudah sampai, mintalah testimoni mereka.

Membangun hubungan personal dengan pelanggan juga bisa dilakukan dengan mengucapkan ulang tahun kepada para pelanggan setiamu, baik melalui SMS atau e-mail. Kamu juga bisa sekalian memberikan kado kecil berupa potongan harga di hari spesial mereka. Tentunya cara ini dapat membuat para pelanggan merasa dekat denganmu.

7. Berikan pembaruan promo

Saat ini, teknik penjualan dengan metode flash sale ramai digunakan oleh para pebisnis online. Metode flash sale sendiri adalah penjualan cepat yang di dalamnya terdapat batasan waktu dengan jumlah produk yang terbatas. Selain flash sale, kamu juga bisa memberikan promo gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu



Tentang Penulis