Tahap Persiapan (Koordinasi Dengan Masyarakat Sasaran)

Congkang, 06 Juli 2020

     Adanya pandemi Covid-19 di Bali sangat berdampak pada perekonomian masyarakat di Dusun Congkang, Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Dalam upaya memperbaiki perekonomian keluarga masyarakat yang terdampak Covid-19, maka dilakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan sosial media sebagai sarana bisnis online kepada para ibu rumah tangga dan anak muda di Dusun Congkang. Kegiatan pelatihan pemanfaatan sosial media sebagai sarana bisnis online kepada para ibu rumah tangga dan anak muda di Dusun Congkang mulai dilaksanakan pada tanggal 06 Juli 2020.

     Tahapan awal pelaksanaan program kerja pelatihan pemanfaatan sosial media sebagai sarana bisnis online kepada para ibu rumah tangga dan anak muda di Dusun Congkang adalah tahap persiapan (koordinasi dengan masyarakat sasaran). Pelaksanaan koordinasi yang dilakukan oleh mahasiswa KMbD kepada masyarakat sasaran adalah mengenai program kerja yang akan dilaksanakan. Koordinasi ini dilakukan pada tanggal 06 Juli 2020. Adanya koordinasi dengan masyarakat sasaran bertujuan agar mahasiswa KMbD dapat mengatur waktu kegiatan yang disesuaikan dengan kesibukan masyarakat sasaran atau mitra.

   Pengaturan jadwal (waktu) pelaksanaan program kerja sangat penting, mengingat bahwa pelaksanaan KMbD ini tidak boleh membebani masyarakat sasaran atau mitra, akan tetapi mahasiswa KMbD harus dapat memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Dusun Congkang. Pada tahap koordinasi pelaksanaan program kerja, mahasiswa KMbD memberikan informasi kepada masyarakat sasaran atau mitra mengenai program kerja yang akan dilaksanakan. Selain itu, koordinasi ini disertai dengan permintaan izin kepada masyarakat sasaran untuk menambahkan mereka pada WhatsApp Group yang akan dibuat.