Berkembang Bersama Melalui Digitalisasi : Pendampingan Pengelolan PAM BUMDes Desa Apuan

Om Swastyastu semeton!!!

        Selamat datang kembali di blog kami. Kali ini merupakan blog keempat kami setelah berhasil melaksanakan program kerja yang ke empat, yaitu Pendampingan Pengelolaan BUMDes Desa Apuan. Program Kerja ini berfokus pada pengelolaan sistem administrasi PAM BUMDes Desa Apuan. Nah seperti apasih program ini?? Yuk mari kita simak lebih lanjut

        Program Kerja Pendampingan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Apuan kami pilih berdasarkan hasil observasi kami di Desa. Kami mendapati dalam pengelolaan administrasi PAM BUMDes yang masih sangat manual dimana hal ini kebetulan yang sedang menjadi kendala yang dihadapai oleh desa. Oleh karena itu, kami memutuskan ide program kerja yang dapat memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi oleh desa, yakni memberikan sentuhan digitalisasi terhadap pengelolaan administrasi Perusahaan Air Minum (PAM) sehingga sistem administrasinya lebih sistematis dan transparan. Untuk mendukung program ini kami bekerja sama dengan suatu pengembang aplikasi PAM bernama “Bumdesaku.id”.

        Pelaksanaan awal Program ini dimulai dengan berkoordinasi ke kantor unit PAM Desa Apuan. Kami berkoordinasi dan menjelaskan terkait gambaran aplikasi yang akan digunakan didalam program. Selanjutnya kami meminta beberapa data dari PAM yang dibutuhkan untuk kebutuhan aplikasi, seperti nama pelanggan, catat meter dan tarif airnya. Setelah itu kami melaksanakan pengenalan aplikasi yang kami laksanakan pada Selasa, 25 Juli 2023 bertempat di Kantor Perbekel Desa Apuan. Kami memperkenalkan Aplikasi dihadapan seluruh Aparat Desa Apuan dan ditemani pihak dari pengembang aplikasi yang turut serta memberikan penjelasan terkait aplikasi yang digunakan.  Setelah Memperkenalkan Aplikasi, kami mendapat persetujuan dari bapak perbekel bahwa beliau akan benar-benar mengambil aplikasi ini untuk dijalankan di PAM Desa, sehingga selanjutnya kami melakukan pendampingan penggunaan aplikasi terhadap para pengurus PAM BUMDes Desa Apuan. Pendampingan kami lakukan sebanyak 4 (empat) kali selama 2 (dua) minggu. Pendampingan minggu pertama tanggal 09 Agustus 2023 kami mengajarkan penggunaan cara menginput pelanggan baru, edit pelanggan, dan catat meter. Tanggal 10 Agustus 2023 kami mengajarkan catat meter dan tagin alamat pelanggan. Kemudian di minggu kedua tanggal 14 Agustus 2023, kami mengajarkan pembayaran metode console dan mobile payment serta tanggal 15 Agustus 2023, kami mengajarkan cara penyusunan laporan keuangan dalam aplikasi.

        Pendampingan berjalan dengan sukses berkat antusias para pengurus PAM dan dukungan aparat desa. Sebagai bentuk dukungan kami dari mahasiswa terhadap desa agar lebih semangat lagi untuk menjalankan program ini, kami memberikan sebuah cendramata sederhana yaitu printer mini untuk operasional dalam pembayaran air. Hal ini juga sebagai bentuk awal benar-benar dimulainya program ini.

        Demikianlah program kerja Pendampingan Pengelolaan BUMDes, kami Mahasiswa KKNT Undiksha 2023 berharap program ini bermanfaat bagi desa. Besar harapan kami agar program Pendampingan Pengelolaan BUMDes terlaksana dan terdapat output yang benar-benar didapatkan oleh desa.


Tentang Penulis
Putu Prawira Abdi Kusuma