SOSIALISASI RABIES DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN STUNTING DI SD NEGERI 1, 2 DAN 3 APUAN

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Desa Apuan, Universitas Pendidikan Ganesha, telah melaksanakan program kerja RASTUN (Rabies dan Stunting) pada hari Jumat, 14 Juli dan Sabtu 15 Juli 2023.

RASTUN merupakan program kerja yang pertama terlaksana dari tim KKNT Desa apuan yang menyasar anak-anak Sekolah Dasar (SD). Kali ini, kegiatan RASTUN dilaksanakan di  Desa Apuan dengan menyasar anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Tepatnya di SD Negeri 1 dan 3 Apuan mulai dari kelas 2 hingga kelas 6 yang diberikan penyuluhan tentang bahaya virus rabies, serta kelas 1 menjadi sasaran pemeriksaan kesehatan stunting. Untuk wilayah SD Negeri 2 menyasar ke kelas 2 sekaligus pemeriksaan kesehatan, dan penyuluhan tentang bahaya virus rabies di kelas lainnya yaitu kelas 3 hingga kelas 6 SD.

KKNT Desa Apuan menyungsung jargon “Satu Tekad, Tebar Manfaat”. Sehubungan dengan tujuan program kerja RASTUN, diharapkan dapat membentuk generasi muda yang cerdas dengan materi dasar tentang mengenal, mencegah dan penanggulangan rabies yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar anak-anak lebih waspada terhadap hewan peliharaan maupun hewan liar.

Anak-anak di berbagai wilayah SD tersebut terlihat sangat antusias dan kooperatif dalam mengikuti kegiatan ini. Tentunya materi sosialisasi dikemas dengan menarik karena sasaran kali ini adalah anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Mereka mengikuti dengan baik setiap arahan yang diberikan. Aktif bertanya dengan hal yang belum mereka pahami semakin membuat rasa semangat itu hidup didalam kelas. Serunya suasana kelas itu membuat mereka mengajukan pertanyaan tentang kapan akan mengunjungi mereka lagi.

Kegiatan yang menyasar anak-anak kelas 1 hingga kelas 6 ini tidak hanya dilakukan proses sosialisasi seperti biasanya, anak-anak juga diajak bermain agar tidak merasa bosan.

Kegiatan RASTUN ini juga sebagai alat untuk penyampaian program kerja selanjutnya yaitu kegiatan GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar) yaitu mengajak anak-anak untuk belajar, mengulurkan bantuan berupa buku bacaan, dan buku pembelajaran.

Besar harapan kami sebagai mahasiswa peserta KKNT Undiksha di desa Apuan, agar program kerja RASTUN ini bisa memberikan manfaat atau dampak positif di lingkungan masyarakat khususnya di desa Apuan tentang bahaya dari virus rabies, serta selalu waspada terhadap hewan peliharaan maupun hewan liar.

Tentang Penulis
Putu Prawira Abdi Kusuma