PENINGKATAN LITERASI DAN SEMANGAT BELAJAR PADA ANAK- ANAK DESA APUAN MELALUI PROGRAM GENCAR (GERAKAN MEMBACA DAN BELAJAR)

        Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Desa Apuan Universitas Pendidikan Ganesha telah melaksanakan program kerja GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar) sebanyak 6 kali pada tanggal 19 Juli 2023 di Balai Banjar Bangun Lemah Kangin, pada tanggal 21 Juli 2023 di Balai Adat Apuan, pada tanggal 27 Juli 2023 di Balai Banjar Bangun Lemah Kawan, pada tanggal 28 Juli 2023 di Balai Banjar Bangun Lemah Kangin, pada tanggal 10 Agustus 2023 di Balai Adat Apuan, dan pada tanggal 15 Agustus 2023 di Balai Banjar Bangun Lemah Kawan. Kegiatan GENCAR ini dilakukan khususnya pada 3 tempat yakni Balai Banjar Bangun Lemah Kawan, Balai Banjar Bangun Lemah Kangin dan juga Balai Adat Apuan untuk 4 dusun yang ada di Desa Apuan. 

        Kegiatan GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar) merupakan program kerja dari tim KKNT Desa Apuan yang mana menyasar ke anak-anak Sekolah Dasar (SD). Kegiatan GENCAR ini dilaksanakan di Desa Apuan dengan menyasar kepada seluruh anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) yang berada di Desa Apuan. Lebih tepatnya, menyasar kepada anak- anak yang berada di 4 banjar yaitu Banjar Apuan Kaja, Banjar Apuan Kelod, Banjar Bangun Lemah Kawan, dan Banjar Bangun Lemah Kangin. 

        Kegiatan GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar) ini menyungsung jargon “Generasi Cakap dan Pintar” yang bertujuan untuk meningkatkan literasi kepada seluruh anak- anak di Desa Apuan. Adapun beberapa kegiatan yang kami lakukan dalam proker GENCAR ini seperti membaca buku, menggambar, mewarnai, belajar matematika dan bahasa inggris. Sehubungan dengan tujuan program kerja GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar) diharapkan dapat meningkatkan minat dalam membaca buku kepada anak-anak di Desa Apuan, serta diharapkan juga proker GENCAR ini sebagai awalan bagi mereka dalam peningkatan literasi pada anak- anak di Desa Apuan.  

        Anak-anak Sekolah Dasar (SD) di setiap banjar tersebut terlihat sangat antusias dan kooperatif dalam mengikuti kegiatan ini.  Tentunya kegiatan yang dilaksanakan dikemas dengan baik dan menarik. Anak-anak aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan juga aktif dalam memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak-kakak panitia. Hal tersebut menunjukan antusias dan ketertarikan anak-anak sekolah dasar (SD) pada kegiatan GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar). Sesuai dengan namanya yakni GENCAR, proker kami juga merupakan sebuah program kerja yang gencar beredar di kalangan masyarakat Apuan karena adanya ketertarikan mereka terhadap keberlangsungan program kerja ini. Baik dari kalangan orang dewasa ataupun anak- anak. 

        Besar harapan kami sebagai mahasiswa peserta KKNT Undiksha di desa Apuan, agar program kerja kegiatan GENCAR (Gerakan Membaca dan Belajar) ini bisa memberikan manfaat atau dampak positif di lingkungan masyarakat khususnya di Desa Apuan dalam upaya menumbuhkan minat dan kesadaran membaca bagi generasi muda.

Tentang Penulis
Putu Prawira Abdi Kusuma