Digitalisasi Marketing Potensi Desa melalui Sosialisasi Tenun
- Oleh Kadek Risa Apriantini
- Tuesday 06/08/2024
- RINGDIKIT, SERIRIT, Kabupaten Buleleng
Kami selaku mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Ganesha, memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam memajukan UMKM di Dusun Kuwum, Ringdikit, melalui program digitalisasi marketing. Fokus utama dari program ini adalah sosialisasi digital marketing untuk usaha tenun yang dimiliki oleh Bapak Putu Arya Nyeneng dan Ibu Ni Nyoman Sugiartini.
Usaha tenun ini didirikan pada tahun 2013 atas ide dari teman Ibu Nyoman. Pada awal berdiri, Ibu Nyoman membeli bahan kain di Kabupaten Klungkung dan memulai usahanya dengan tiga alat tenun. Keterampilan tenun para karyawan diasah di Kalianget. Kini, usaha ini telah berkembang dengan memiliki 13 karyawan dan mampu memproduksi tiga jenis kain tenun: dobol, endek, dan jumputan.
Kami memulai kegiatan dengan melakukan observasi pada hari Jumat, 23 Juli 2024. Kunjungan ini sekaligus digunakan untuk mempresentasikan program kerja yang akan kami lakukan. Langkah pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan dan potensi usaha tenun ini untuk kemudian kami bantu dalam mengembangkan strategi digital marketing yang efektif.
Pada Senin, 26 Juli 2024, kami kembali mengunjungi usaha tenun tersebut untuk membantu pembuatan logo, akun sosial media (TikTok dan Instagram), serta akun bisnis (Shopee dan WhatsApp Business). Untuk memudahkan pengelolaan, kami juga membuatkan Linktree yang menghubungkan berbagai platform tersebut. Kami mengelola tata letak sosial media dan membuat konten awal untuk akun-akun tersebut. Pada hari Sabtu, 31 Juli 2024, kami melanjutkan dengan sesi pengambilan foto dan video untuk kebutuhan konten serta pembuatan katalog produk. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan materi pemasaran yang menarik dan profesional. Akhirnya, pada tanggal 6 Agustus 2024, kami menyerahkan akun-akun sosial media yang telah dibuat dan diisi kontennya. Kami juga memberikan kenang-kenangan berupa spanduk sebagai simbol kerjasama dan apresiasi kami terhadap usaha tenun ini.
Dengan program ini kami berharap usaha tenun Bapak Putu Arya Nyeneng dan Ibu Ni Nyoman Sugiartini dapat lebih dikenal luas dan menjangkau pasar yang lebih besar melalui platform digital. Kami percaya bahwa digitalisasi marketing adalah langkah strategis untuk mendukung keberlanjutan dan perkembangan UMKM di era digital ini. Kami merasa bangga dapat berkontribusi dalam memajukan potensi desa dan berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi usaha tenun di Dusun Kuwum, Ringdikit.