Evaluasi Pelaksanaan KMbD Undiksha Tahun 2020 Mengenai Pelatihan Pengolahan Jamu Kunyit Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.

Senin, 3 Agustus  2020 

Pada minggu kelima, kegiatan yang dilkaukan adalah evaluasi mengenai kegiatan yang dilaksanakan selama KMbD berlangsung. Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui pemahaman masyarakat sasaran terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan selama empat minggu. Selain itu, evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah program kerja yang diberikan berjalan dengan baik dan lancar,  serta bermanfaat atau tidak bagi masyarakat sasaran dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Evaluasi dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2020 pukul 11.45 Wita- 12.30 Wita.  Sebelum melakukan evaluasi, hal pertama yang saya lakukan adalah mengonfirmasi dan memberikan informasi kepada masyarakat sasaran mengenai kegiatan evaluasi yang dilakukan.

Kegiatan evaluasi dilakukan dengan cara mengisi atau menjawab kuisioner pada platform google form dan mewajibkan masyarakat sasaran untuk mengisi kuisioner tersebut. Kuisioner pelaksanaan kegiatan dengan materi yang saya berikan selama KMbD berlangsung digabung menjadi satu, supaya tidak banyak menghasiskan waktu. Kuisioner evaluasi yang telah saya siapkan dibagikan melalui WhatsApp Grup  masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana. Ada pun hasil yang didapatkan dari kuisioner evaluasi yang dilakukan, yaitu: 

  • Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama KMbD sangat membantu masyarakat sasaran dalam mengatasi persoalan yang dihadapi selama pandemi covid-19.
  • Masyarakat sasaran merasa terbantu dengan adanya kegiatan KMbD yang dilaksanakan oleh mahasiswa. 
  • Pemaparan materi yang dilakukan oleh mahasiswa selama KMbD berlangsung sangat jelas  dan mudah dipahami. 
  • Kegiatan KMbD yang dilaksanakan oleh mahasiswa meberikan pengetahuan baru bagi masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana. 
  • Pelatihan pengolahan jamu kunyit yang diberikan oleh mahasiswa sangat membatu masyarakat sasaran dalam meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi covid-19. 

Selama kegiatan evaluasi, masyarakat sasaran memberikan respon yang baik, dan juga telah mengisi kuisioner dengan tepat waktu.  Selain itu, masyarakat sasaran merasa senang dan bangga dapat mengikuti  kegiatan KMbD yang dilakukan oleh mahasiswa karena program keja yang ditawarkan dan edukasi yang diberikan selama KMbD mampu mengatasi permasalahan mereka selama pandemi covid-19.  Kuisioner evaluasi yang saya berikan dapat dilihat pada link berikut: 

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeaRFfRfvx5QKhYK7HGNKf6WPPc5cYsdtlS64q0LyRtMSQPxg/viewform?usp=pp_url

Kemudian respon atau tanggapan dari masyarakat sasaran dapat dilihat pada link berikut: