Minggu Pertama : Hasil Observasi dan Tahap Persiapan

Pada tanggal 12 Juni 2020, telah dilakukan observasi secara online terhadap masyarakat sasaran via personal chat WhatssApp. Obervasi ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran selama masa pandemi COVID-19. Karena masyarakat sasaran merupakan siswa kelas XI SMA Pariwisata Saraswati Klungkung dimana mereka saat ini harusnya menjalani masa training tapi akibat adanya pandemi mereka harus berdiam diri di rumah dan mengikuti pembelajaran online, maka permasalahan paling umum adalah mereka tidak mendapatkan bimbingan belajar dengan baik yang seharusnya di sekolahnya mendapatkan praktek untuk melatih skillnya, pembayaran uang SPP untuk sekolah pariwisata cukup mahal (mengingat tidak diberikan praktek karena pandemi mereka belum memiliki cukup keahlian dalam bidangnya) serta pengeluaran untuk biaya kuota internet sebagai penunjang kegiatan pembelajaran terus meningkat sementara penghasilan orang tua mereka tidak sebaik seperti sebelum terjadi pandemi ini. Permasalahan lainnya yaitu masyarakat sasaran belum mampu memanfaatkan media sosial yang mereka miliki untuk hal yang positif dan lebih berguna, belum cukup pemahaman mengenai penggunaan media daring untuk sarana promosi dan pemasaran, dan belum mencoba melakukan kegiatan lain menggunakan media sosial yang dimiliki untuk menghasilkan sebuah keuntungan.


Pada tanggal 6 Juli 2020, telah dibuat WhatssApp Group untuk mempermudah penyebaran informasi terkait pelaksanaan kegiatan selanjutnya dan melatih keakraban agar masyarakat sasaran tidak canggung saat kegiatan berlangsung.


Pada tanggal 7 Juli 2020, melalui Group Chat WhatssApp telah berjalan diskusi mengenai seberapa sering kegiatan akan dilakukan dan waktu pelaksanaannya agar masyarakat sasaran dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan nyaman.


Tentang Penulis
Ni Wayan Citra Parwati