Memberikan Informasi Kepada Masyarakat Sasaran, Bahwa Kegiatan KMbD Undiksha 2020 Sudah Dimulai dan Mengenalkan Program Kerja Melalui WhatsApp Grup Masyarakat Sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana

SENIN, 6 JULI 2020

PUKUL : 10.25 WITA - 12.25 WITA

Saya I Putu Surya Hadi, memberikan informasi kepada masyarakat sasaran, bahwa kegiatan KMbD Undiksha 2020 sudah dimulai pada hari ini: Senin, 6 Juli 2020. Kemudian, mengenalkan atau mensosialisasikan program kerja yang telah dirancang  melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana. Kegitan tersebut dimulai dari Pukul 10.25 WITA - 12.25 WITA. 

Sebelum KMbD Undiksha 2020 dimulai pada hari ini, saya sudah melakukan observasi dan membuat WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana pada tanggal, 28 Mei 2020. Observasi merupakan langkah awal yang dilakukan dalam kegitatan KMbD Undiksha tahun 2020. KMbD adalah singkatan dari (KKN Mandiri berbasis Daring). Observasi dilakukan dengan cara diskusi daring  atau online  melalui  media sosial dengan masyarakat sasaran, guna mendapatkan data serta informasi dari masyarakat sasaran terkait dengan  permasalahan yang dihadapi di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 28 Mei 2020, 5 orang masyarakat sasaran di Desa Sawe Mundukwaru Jembrana telah bersedia dan sanggup untuk mengikuti kegiatan KMbD Undiksha 2020. Dalam kegiatan ini, saya mengambil topik pencegahan pandemi covid-19 secara klinis. Karena dilihat dari hasil observasi, bahwa terdapat 3 persoalan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran yakni (1) Kurangnya pengetahuan masyarakat sasaran terkait dengan pencegahan dan dampak virus corona/covid-19 bagi kesehatan. (2) Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat sasaran tentang pentingnya pola hidup sehat. (3) Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai cara untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Setelah melaksanakan observasi dan pembuatan WhatsApp Grup, 5 orang masyarakat sasaran tersebut, diminta untuk bergabung ke WhatsApp Grup yang telah dibuat guna mempermudah komunikasi dan penyampaian informasi. 

Dalam pelaksanaan KMbD Undiksha 2020 ini, saya menawarkan atau mengenalkan program kerja yang bersifat rintisan, yaitu “Pelatihan Peengolahan Jamu Kunyit Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Desa Sawe Mundukwaru Jembrana”. Adapun  4 kegiatan atau aktivitas yang dilakukan selama KMbD Undiksha 2020 berlangsung yaitu, 

  1. Mengajak masyarakat sasaran untuk berdiskusi terkait permasalahan yang dihadapi selama pandemi Covid-19 secara online melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana .
  2. Memberikan edukasi dan sosialisasi terkait dengan upaya pencegahan covid-19 dan pentingnya pola hidup sehat secara online melaluai WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.
  3. Memberikan saran kepada masyarakat sasaran agar membiasakan diri mencuci tangan dengan mengunakan sabun, melalui WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.
  4. Mengedukasi dan memberikan pelatihan pengolahan jamu kunyit untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan cara membuatkan video tutorial yang nantinya dibagikan ke WhatsApp Grup masyarakat sasaran Desa Sawe Mundukwaru Jembrana.