Observasi Secara Daring dan Pembuatan WhatsApp Grup

  Observasi secara daring merupakan langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan KMbD Undiksha Tahun 2020, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang dihadapi masyarakat dimasa Pandemi Covid-19. Observasi secara daring ini dilakukan di Desa Bugbug Kabupaten Karangasem dengan memanfaatkan media sosial. Menurut hasil observasi yang dilakukan secara daring pada tanggal 26 Mei sampai dengan 2 Juli 2020, 5 orang masyarakat yang tinggal di Desa Bugbug telah diwawancarai dan setuju untuk menjadi masyarakat sasaran dalam kegiatan KMbD Undiksha Tahun 2020. Dalam kegiatan observasi yang dilakukan masyarakat sasaran memiliki 4 masalah yang dihadapi dimasa Pandemi Covid-19, yaitu :

  1. Masyarakat sasaran merasakan kebosanan karena berdiam diri di rumah. Masyarakat sasaran tidak memiliki kegiatan yang kurang produktif untuk dilakukan dirumah ditengah Pandemi Covid-19.
  2. Kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran dari masyarakat sasaran tentang cara pencegahan Covid-19 dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang dilakukan setiap hari dirumah.
  3. Kurangnya pengetahuan masyarakat sasaran tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar pada saat setelah mengambil atau memegang benda-benda yang kotor.
  4. Pada masa Pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat sasaran yang belum memiliki handsanitizer dan disinfektan, karena handsanitizer yang ada di apotek dan minimarket menawarkan dengan harga yang lumayan mahal.

    Setelah melakukan observasi secara daring, pada tanggal 29 Juni 2020 penulis membuat dan meminta 5 orang masyarakat sasaran untuk bergabung dalam WhatsApp Grup "Masyarakat Sasaran KMbD" untuk memudahkan komunikasi dan menyampaikan materi selama pelaksanaan KMbD Undiksha Tahun 2020.