Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KKNbD dengan Memberikan Kuesioner dan Praktik

Telah dilaksanakannya program kerja KKNbD pada tanggal 27 Juli 2021 yang dilakukan secara daring di Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Kegiatan yang dilaksanakan berjudul Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KKNbD dengan Memberikan Kuesioner dan Praktik .  Kegiatan ini dilakukan supaya mahasiswa pelaksana program kerja KKNbD mengetahui sejauh mana masyarakat mampu memahami penjelasan yang diberikan mahasiswa.

       Kegiatan yang dilaksanakan dengan pemberian kuesioner dan sebuah praktik pembuatan catatan pengeluaran dan pemasukan oleh mahasiswa yang bernama Komang Ade Komala Savitri. Kegiatan ini mengajak  masyarakat sasaran untuk mengisi kuesioner yang memuat 10 pertanyaan dengan memanfaatkan aplikasi google form sebagai media perantara dan memberikan praktik pembuatan catatan pengeluaran dan pemasukan. Evaluasi pelaksanaan program kerja KKNbD diberikan kepada masyarakat sasaran dalam bentuk link berikut https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdXCyGAKlg20RDOuA3iPAuDDUn52z8DJ8dT0yfnAR5j_j07EQ/viewform?usp=sf_link. Kuesioner ini dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp Grup. Adapun tujuan dari penyebaran kuesioner ini, yaitu sebagai indikator keberhasilan program kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang dilakukan dari tanggal 5 Juli 2021 sampai 27 Juli 2021

        Terdapat hasil yang diperoleh dari kuesioner ini yang telah direkapitulasi sebanyak 8 orang penjawab dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 93,75 poin dan pembuatan catatan pengeluaran dan pemasukan yang telah dikumpulkan dengan baik. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat sasaran memahami secara spesifik tentang "Literasi Financial dalam Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi COVID-19". Maka dari itu, materi akan lebih diarahkan pada praktik pemanfaatan aplikasi mengenai literasi keuangan. Hasil evaluasi kegiatan KKNbD kepada masyarakat sasaran dalam bentuk link berikut. https://drive.google.com/drive/folders/1ibBB9ralFOzf3i3GXfTexYg8dTpGJtyy?usp=sharing. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa telah dilakukan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Tentang Penulis