Evaluasi Program Kerja KKNbD dengan Memberikan Latihan Soal dan Pengisian Kuisioner Melalui WhatsApp Group

Pada hari Kamis tanggal 29 Juli 2021, penulis melaksanakan kegiatan evaluasi KKNbD secara daring. Evaluasi KKNbD ini dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp group. Dalam kegiatan evaluasi ini, diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran yang berjumlah 7 orang, yakni para siswa yang berasal dari Desa Adat Dukuh Penaban dan sedang  bersekolah di MTsN Karangasem. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan cara memberikan latihan soal yang berkaitan dengan materi yang telah dibahas atau dijelaskan sebelumnya. Selain itu, penulis juga memberikan beberapa kuisioner yang mengarah pada opini masyarakat sasaran tentang kegiatan KKNbD yang dilaksanakan melalui WhatsApp group dan google meet.

Hal pertama yang dilakukan penulis yaitu dengan mengirimkan link evaluasi  materi pembelajaran IPS. Dalam link tersebut  terdapat latihan soal yang berkaitan dengan materi-materi yang telah dibahas sebelumnya seperti: ruang dan interaksi ruang, letak dan luas Indonesia, potensi sumber daya alam, interaksi sosial, lembaga sosial, dan lain-lain. Latihan soal tersebut bertujuan agar dapat mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dalam belajar IPS melalui aplikasi WhatsApp Group dan Google Meet. Selain itu, latihan soal ini juga dapat mengukur keberhasilan program yang sudah dibuat. Setelah siswa menjawab latihan soal, maka penulis meminta siswa untuk mengisi kuisioner mengenai kegiatan KKNbD yang sudah berlangsung selama kurang lebih 1 bulan tersebut. Dalam kuisioner tersebut berisi beberapa pertanyaan mengenai diskusi pembelajaran melalui WhatsApp group dan google meet yang diberikan kepada siswa. Sehingga, dapat diketahui seberapa keberhasilan program kerja tersebut. 

Sebelum siswa mengikuti kegiatan evaluasi tersebut, penulis terlebih dulu memberikan mengenai kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya. Pemberian informasi ini penulis lakukan pada hari Rabu, 28 Juli 2021 atau H-1 kegiatan dimulai. Hal ini bertujuan agar masyarakat sasaran mampu mempersiapkan diri mereka dengan baik sehingga mampu memperoleh hasil yang maksimal. 

Dalam kegiatan evaluasi ini, baik melalui latihan soal maupun kuisioner yang diberikan kepada siswa dapat diketahui bahwa pemanfaatan aplikasi WhatsApp group dan google meet dapat membantu siswa dalam pembelajaran dan menambah wawasan IPS. Selain itu, dengan adanya video pembelajaran dari YouTube yang penulis kirim sebagai referensi siswa dalam pembelajaran, agar tidak bersumber pada ebook saja. Content video yang menarik, singkat namun jelas dapat memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Namun, hal tersebut membuat kesulitan siswa dalam memberikan opini mereka tentang materi ataupun berdiskusi. 

Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program kerja yang sudah berlangsung tersebut, diantaranya yaitu slow response dari masyarakat sasaran yang disebakan karena siswa lupa online pada jam diskusi. Hal inilah yang menyebabkan terhambatnya dalam waktu pelaksanaan kegiatan. Selain itu, kurang aktifnya siswa  dalam sesi diskusi. Pada sesi diskusi daring diharapkan siswa dapat bertanya tentang materi video yang sudah diberikan namun hanya beberapa siswa saja yang aktif bertanya. Dari 7 siswa tersebut, yang aktif bertanya hanya 2-3 siswa saja dan yang lainya hanya sekedar mengikuti diskusi. Adapun kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran dalam pembelajaran melalui google meet yaitu tidak stabilnya sinyal yang dimiliki, hal ini dikarenakan tempat tinggal tinggal mereka yang agak jauh dari perkotaan. Sehingga tidak sedikit yang yang keluar masuk dari room meeting dan tidak mengaktifkan kameranya. Sebab, jika kameranya diaktifkan akan menyebabkan suara yang mereka dengar terputus-putus.

Dibawah ini merupakan link latihan soal yang dibuat oleh penulis untuk dikerjakan oleh masyarakat sasaran sebagai bahan evaluasi:

https://drive.google.com/file/d/1lh-YeHugV80aDyiGovubhJaTNgpnonSX/view?usp=drivesdk 


Tentang Penulis