Evaluasi Secara Menyeluruh Terhadap Seluruh Program

                Pada hari Sabtu, 01 Agustus 2020, saya melaksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap perkembangan guru sekolah dasar, orang tua siswa, serta siswa usia sekolah dasar. Metode yang saya gunakan adaleh dengan mendatangi target sasaran yang dapat saya jangkau yaitu yang berada di sekitaran tempat tinggal saya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Adapun target yang saya kunjungi adalah satu orang guru sekolah dasar dan kediaman dua orang target sasaran untuk mengetahui perkembangan putra/putri mereka. Cara yang saya gunaan untuk mengevaluasi adalah dengan menanyakan langsung mengenai perkembangan atau peningkatan-peningkatan yang dialami sejak menjalankan program ini serta kendala-kendala yang dihadapi. Setelah itu saya melakukan uji coba terhadap dua orang anak sekolah dasar untuk mengetahui peningkatan kemmpuan mereka dengan melakukan permainan-permainan sederhana seperti tebak-tebakan terhadap beberapa materi yang diajarkan sebelumnya.

            Evaluasi terhadap guru sekolah dasar membuahkan hasil yang memuaskan. Guru seolah dasar sudah bisa menggunakan perangkat pendukung seperti laptop dan smartphone untuk membantu menjalankan proses pembelajaran serta menggunakan beberapa fitur pendukung seperti aplikasi Google Meet, Google Form, serta Zoho Form. Mengingat minggu ini sudah memasuki hari efektif maka guru sekolah dasar sudah menggunakan Zoho Form untuk melaksanakan absensi setiap harinya, sudah menggunakan Google Form untuk mengadakan kuis sederhana, serta sudah menggunakan Google Meet untuk perkenalan pada pertemuan pertama. Adapun kendala yang dialami guru sekolah dasar adalah anak usia sekolah dasar yang belum sepenuhnya mengerti cara menggunakan aplikasi tersebut sehingga harus dibantu oleh orang tua masing-masing. Solusi dari hal ini adalah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada orang tua siswa agar mereka dapat turut serta membantu menjelaskan pada putra/putrinya.

            Evaluasi terhadap orang tua siswa membuahkan hail yang juga positif. Dimana mereka merasa sangat terbantu dalam hal cara pengajaran terhadap putra/putrinya sehingga di masa new normal ini mereka dapat membantu proses pembelajaran putra/putrinya. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, hambatan yang dialami yaitu anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain layang-layang. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengambil waktu yang tepat untuk melaksanakan proses pembelajaran.

            Evaluasi terhadap anak sekolah dasar juga membuahkan respon yang positif. Anak-anak sangat bersemangat ketika diarahkan untuk belajar kata-kata Bahasa Inggris. Mereka sangat bersemangat untuk menunjukan kemampuannya dalam pelafalan beberapa kata Bahasa Inggris yang saya tanyakan. Mereka ingin jika lebih banyak lagi materi-materi yang dapat mereka pelajari. Dalam proses evaluasi, siswa sudah mampu menjawab pertanyan-pertanyaan yang diberikan dengan tepat walaupun masih ada beberapa kata dengan pelafalan yang kurang tepat. Hal itu dapat diperbaiki seiring dengan peningkatan waktu belajar yang diberlakukan.

            Dengan melihat berbagai respon positif ini, saya memberikan beberapa rekomendasi kata kunci yang dapat digunakan dalam mencari materi Bahasa Inggis usia seolah dasar di internet sehingga orang tua siswa dapat mencari materi secara mandiri untuk tetap dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak.

Tentang Penulis
Kadek Dwi Dharmapatni Rahendra