Evaluasi Secara Menyeluruh Terhadap Seluruh Program
- Oleh Kadek Dwi Dharmapatni Rahendra
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 92, Kelompok, Kelompok
Pada hari Sabtu,
01 Agustus 2020, saya melaksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap
perkembangan guru sekolah dasar, orang tua siswa, serta siswa usia sekolah
dasar. Metode yang saya gunakan adaleh dengan mendatangi target sasaran yang
dapat saya jangkau yaitu yang berada di sekitaran tempat tinggal saya dengan
tetap memperhatikan protokol kesehatan. Adapun target yang saya kunjungi adalah
satu orang guru sekolah dasar dan kediaman dua orang target sasaran untuk
mengetahui perkembangan putra/putri mereka. Cara yang saya gunaan untuk
mengevaluasi adalah dengan menanyakan langsung mengenai perkembangan atau
peningkatan-peningkatan yang dialami sejak menjalankan program ini serta
kendala-kendala yang dihadapi. Setelah itu saya melakukan uji coba terhadap dua
orang anak sekolah dasar untuk mengetahui peningkatan kemmpuan mereka dengan
melakukan permainan-permainan sederhana seperti tebak-tebakan terhadap beberapa
materi yang diajarkan sebelumnya.
Evaluasi terhadap guru sekolah dasar
membuahkan hasil yang memuaskan. Guru seolah dasar sudah bisa menggunakan
perangkat pendukung seperti laptop dan smartphone
untuk membantu menjalankan proses pembelajaran serta menggunakan beberapa fitur
pendukung seperti aplikasi Google Meet,
Google Form, serta Zoho Form. Mengingat minggu ini sudah
memasuki hari efektif maka guru sekolah dasar sudah menggunakan Zoho Form untuk melaksanakan absensi
setiap harinya, sudah menggunakan Google
Form untuk mengadakan kuis sederhana, serta sudah menggunakan Google Meet untuk perkenalan pada
pertemuan pertama. Adapun kendala yang dialami guru sekolah dasar adalah anak usia
sekolah dasar yang belum sepenuhnya mengerti cara menggunakan aplikasi tersebut
sehingga harus dibantu oleh orang tua masing-masing. Solusi dari hal ini adalah
melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada orang tua siswa agar mereka dapat
turut serta membantu menjelaskan pada putra/putrinya.
Evaluasi terhadap orang tua siswa
membuahkan hail yang juga positif. Dimana mereka merasa sangat terbantu dalam
hal cara pengajaran terhadap putra/putrinya sehingga di masa new normal ini mereka dapat membantu proses
pembelajaran putra/putrinya. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, hambatan
yang dialami yaitu anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya untuk
bermain layang-layang. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengambil waktu yang
tepat untuk melaksanakan proses pembelajaran.
Evaluasi terhadap anak sekolah dasar
juga membuahkan respon yang positif. Anak-anak sangat bersemangat ketika
diarahkan untuk belajar kata-kata Bahasa Inggris. Mereka sangat bersemangat
untuk menunjukan kemampuannya dalam pelafalan beberapa kata Bahasa Inggris yang
saya tanyakan. Mereka ingin jika lebih banyak lagi materi-materi yang dapat
mereka pelajari. Dalam proses evaluasi, siswa sudah mampu menjawab
pertanyan-pertanyaan yang diberikan dengan tepat walaupun masih ada beberapa
kata dengan pelafalan yang kurang tepat. Hal itu dapat diperbaiki seiring
dengan peningkatan waktu belajar yang diberlakukan.
Dengan melihat berbagai respon
positif ini, saya memberikan beberapa rekomendasi kata kunci yang dapat
digunakan dalam mencari materi Bahasa Inggis usia seolah dasar di internet
sehingga orang tua siswa dapat mencari materi secara mandiri untuk tetap dapat
meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak.