Hasil tahap pengujian pada sisi pengguna
- Oleh Kai Koga
- Monday 27/07/2020
- Kelompok 216, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 25 bulan juli, saya telah selesai melaksanakan tahap pengujian pada sisi pengguna yang mana kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pengujian terhadap fitur-fitur yang ada dalam sistem yang sudah dibuat di https://pasartanawangko.my.id. Yang menjadi partisipasi dalam pengujian sisi pengguna adalah kenalan saya di wilayah tanawangko. Berdasarkan hasilnya, dtemukan bahwa untuk proses pembeliannya mulai dari mendaftar akun, melakukan login, memilih barang, memasukkan data berupa nomor kontak dan alamat, serta sampai langkah terakhir yaitu menekan tombol "beli" telah berhasil dijalani dengan baik dan tanpa ada error. Saat ditanyakan mengenai apa ada fitur yang ingin ada dalam sistemnya atau apa ada error lainnya selain dari proses pembelian dan ternyata bahwa ada banyak tanggapannya. Pada halaman profil, apabila di upload gambar yang ukurannya tidak 1:1, maka pada saat ditampilkan gambarnya akan kelihatan dalam bentuk yang lonjong atau tidak teratur. Lalu masih di bagian halaman profil, apabila saat pengguna telah melakukan perubahan data berupa nomor kontak dan telepon namun mengunggah gambar yang tidak bertipe ".JPEG / .JPG / .PNG" maka data yang sebelumnya telah dimasukkan akan menjadi kosong sehingga membuat frustrasi kepada pengguna yang harus melakukan lagi mengisikan data nomor telepon dan alamat. Kemudian pada tombol masuk (Login), sebaiknya ditambahkan sebuah tanda misalnya sebuah teks berupa "Masuk" disamping simbol menu masuk agar pengguna tidak menjadi bingung untuk menemukan tombol menu masuk. Kemudian, pada beberapa fitur ditemukan bahwa adanya tidak konsisten terhadap pilihan bahasa yang digunakan misalnya "Nama Item" seharusnya "Nama Barang" atau "Profile" yang seharusnya 'Profil'. Adapun pada bagian proses pembelian yang lebih khususnya di bagian keranjang, saya telah diberikan saran untuk menambahkan sebuah fitur "catatan" agar pengguna bisa membuat sebuah permintaan khusus terhadap barang yang dipesan.
Berdasarkan hasilnya tanggapannya, saya telah memutuskan untuk segera melakukan kegiatan perbaikan terhadap sistem yang sudah dibuat dengan cara menambahkan kode yang diperlukan serta melakukan perubahan terhada algoritma yang ada di sistem tersebut, kegiatan tersebut memakan waktu 2 hari yang lebih tepatnya dari tanggal 26 sampai ke tanggal 27 bulan juli. Setelah melakukan pengujian secara sendiri, maka fitur yang diminta serta error yang didapatkan telah berhasil diperbaiki dan telah berjalan dengan baik. Dengan masih tahap yang sama pengujian, berikutnya saya akan melakukan pengujian terhadap sisi penjual dengan kegiatan yang dijalankan adalah sama dengan sisi pengguna yaitu pengujian terhadap fitur-fitur yang ada dalam sistem yang sudah dibuat.